Ini Dia Atlet Perempuan Terkaya Sepanjang Sejarah

PinkKorset.com – Pada 2018, atlet perempuan ini mengalahkan Serena Williams di lapangan tenis. Selama setahun terakhir, ia juga mengalahkan Williams dalam hal pundi-pundi kekayaan.

Naomi Osaka adalah atlet tenis asal Jepang yang baru berusia 22 tahun. Majalah Forbes baru-baru ini menempatkannya sebagai atlet perempuan dengan bayaran terbesar sepanjang sejarah, karena mengeruk US$37,4 juta dalam waktu 12 bulan.

Selain menggeser Serena Williams (US$36 juta) dari singgasananya, Osaka juga memecahkan rekor baru untuk atlet perempuan sepanjang sejarah yang sebelumnya dipegang oleh perolehan Maria Sharapova dalam setahun sebesar US$31,5 juta pada 2015.

Perjalanan Osaka, juara Australia Open 2019, menuju puncak daftar tersebut berkat dua kontrak besarnya. Lahir dan mewakili Jepang, Osaka sebenarnya tinggal tinggal di Amerika Serikat sejak berusia tiga tahun.

“Mereka yang tidak begitu mengenal tenis mungkin tak tahu karena ia wajah baru yang memiliki cerita luar biasa. Fakta bahwa usianya masih mudah dan berlatar belakang dua kultur, penonton muda pun suka melihatnya. Ia menjadi ikon marketing olah raga,” kata pakar bisnis David Carter.

Porsi terbesar pendapatan Osaka berasal dari kontraknya dengan Nike, sebesar US$10,3 juta yang akan berlaku hingga 2025. Ia pun menjadi komoditas laris menjelang Olimpiade Tokyo yang tertunda dengan merek-merek seperti P&G, All Nippon Airways dan Nissan sudah merogoh kocek.

Data Forbes menyebutkan bahwa atlet perempuan tenis memang selalu mengeruk pendapatan terbesar sejak mereka mendatanya pada 1990. Serena Williams selalu menjadi nomor satu selama empat tahun berturut-turut dan Sharapova lima tahun berturut-turut sebelumnya.

Tetap saja, masih banyak yang harus mereka kumpulkan untuk mengejar atlet laki-laki. Meskipun ada kemajuan karena untuk pertama kalinya sejak 2016 ada dua atlet perempuan di daftar ini. Osaka hanya menempati urutan ke-29 di daftar World’s 100 top-paid athletes 2020.

Serena Williams di urutan ke-33. Roger Federer (US$106 juta) menempati posisi puncak untuk pertama kalinya dan memiliki portofolio endorsement yang menakjubkan. Di urutan kedua dan ketiga adalah atlet sepak bola Cristiano Ronaldo (US$45 juta) dan Lionel Messi (US$32 juta).