Jadikan Aktivitas New Normal Lebih Produktif

PinkKorset.com – Working from Home membuat sebagian orang merasa sulit bekerja produktif secara maksimal.

Pada era new normal, Anda memiliki tuntutan untuk menyesuaikan gaya hidup keseharian. Salah satunya dengan pembagian waktu kerja (shifting) dan bekerja dari rumah (work from home) yang diterapkan beberapa perusahaan.

Namun sistem work from home ini tidak membuat semua karyawan merasa mampu bekerja secara optimal. Berdasarkan hasil riset, mayoritas atau sekitar 73% masyarakat Indonesia merasa dapat bekerja lebih efisien saat berada di rumah, namun sekitar 25% merasa bekerja dari rumah justru menjadikan dirinya tidak produktif dan fun.

Berikut cara jitu mengubah gaya bekerja Anda di kala new normal agar tetap produktif dan fun:

  1. Buat To-do-List

Tantangan terbesar yang dihadapi saat bekerja dari rumah adalah sering terganggu dan terdistraksi dengan hal-hal seputar rumah. Akibatnya, kerjaan tertunda dan terkadang membuat Anda kehilangan fokus dalam bekerja. Itulah pentingnya membuat to do list harian berisi hal-hal yang akan dikerjakan pada hari ini.

  1. Manfaatkan Video Conference

Video call / conference call menjadi kegiatan yang sering dilakukan sebagai sarana meeting atau berdiskusi bersama tim. Riset dari GDP Venture menyebutkan pada situasi pandemik, video conference seperti Zoom dan Hangout menjadi aplikasi yang mendominasi jenis platform ini, melonjak hingga 55%. Namun, video call juga harus ditunjang webcam dengan hasil gambar yang baik.

  1. Luangkan Waktu Beristirahat

Tidak ada salahnya memiliki waktu untuk beristirahat di tengah-tengah pekerjaan yang sedang dilakukan. Hal ini bisa mengembalikan mood sehingga bekerja akan terasa lebih efektif. Anda bisa melakukannya sembari berkomunikasi dengan orang rumah, menonton series favorit di Netflix hingga bermain game untuk sekedar killing time.