Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Vitamin D [freepik]

Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Vitamin D

PinkKorset.com – Di tengah berjalannya kembali berbagai aktivitas, masyarakat dituntut untuk terus menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh adalah dengan memastikan terpenuhinya kebutuhan tubuh akan vitamin D.

Vitamin D yang selama ini dikenal untuk kesehatan tulang mempunyai banyak manfaat, diantaranya menjaga fungsi saraf dan otot, kardiovaskuler, pernapasan, dan sistem imun tubuh.

“Vitamin D juga merupakan salah satu vitamin larut lemak yang berperan dalam sejumlah fungsi penting untuk mempertahankan kesehatan dan mencegah penyakit,” ujar dr. Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Medistra dalam webinar yang dilaksanakan KALBE, Kamis, (09/07).

Menurut Cindi, vitamin D sebagian besar yakni 90% didapat dengan berjemur. Rutin berjemur bisa memperoleh vitamin D yang diproduksi di kulit sehingga dapat membantu mencegah penularan infeksi virus COVID-19.

Sedangkan sumber vitamin D lainnya adalah melalui asupan makanan bergizi seperti susu, telur, ikan salmon, sayuran hijau tua, serta suplemen.

dr Adityo Susilo, SpPD-KPTI, Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi, Departemen Penyakit Dalam RSCM mengatakan, tuntutan untuk selalu sehat dapat dilakukan dengan memperhatikan dan menjaga daya tahan tubuh melalui konsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, cukup istirahat, rajin berjemur dan jika diperlukan konsumsi suplemen penunjang daya tahan tubuh.

Menurutnya, konsumsi suplemen vitamin D bisa memenuhi kebutuhan vitamin pada tubuh. Ia pun menyarankan untuk mengkonsumsi vitamin D setelah makan, ”Karena vitamin D membutuhkan lemak agar penyerapannya maksimal.”