Jangan Tidur dengan Rambut Basah [bustle.com]

Jangan Tidur dengan Rambut Basah

PinkKorset.com – Sering tertidur dengan rambut masih basah setelah mandi? Anda sebaiknya mengurangi kebiasaan tersebut.

Sebagian orang mungkin sering tertidur karena kelelahan saat rambut masih dalam keadaan basah. Kebiasaan ini kurang baik karena dapat membuat rambut menjadi lepek dan beraroma kurang sedap. Selain itu, tidur dengan rambut basah juga dapat menimbulkan rasa pusing.

Meluangkan waktu sejenak sebelum tidur untuk mengeringkan rambut, dapat mencegah dampak buruk tersebut. Namun, ada manfaat besar lain yang bisa Anda dapatkan dengan mengeringkan rambut. Apa saja?

Menjaga kesehatan kulit kepala

Mengeringkan rambut sebelum tidur sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit kepala Anda. Tidur dengan rambut basah bisa meningkatkan risiko infeksi jamur di kulit kepala dan berpotensi menyebabkan kerusakan rambut.

Jamur, seperti Malassezia, memang ada secara alami di kulit kepala. Namun bila berlebihan, dapat menyebabkan ketombe atau dermatitis (radang kulit). Gejala yang muncul adalah rasa gatal terus-menerus yang cukup mengganggu.

Jika Anda berada pada kondisi ini, coba gunakan sampo antiketombe atau sampo khusus yang mengandung zat antijamur seperti ketoconazol.

Menjauhkan penyakit

Tidur dengan rambut basah juga akan membuat sarung bantal Anda menjadi basah dan lembab. Kondisi ini sangat disenangi jamur yang memang berkembang biak di tempat lembab.

Sebuah riset tentang jamur yang ditemukan di tempat tidur menyebutkan ada 4 hingga 16 spesies jamur per bantal yang diuji. Dan itu termasuk jamur yang dapat memicu asma atau alergi. Cukup mengejutkan, bukan?

Tidak hanya jamur, bantal yang lembap juga menjadi sarang bagi tungau. Tungau mudah beranak-pinak dan memakan serpihan sel kulit mati. Keberadaan tungau bisa memicu gatal-gatal dan alergi, serta asma.

Menjaga keindahan rambut

Mengeringkan rambut sebelum tidur dapat menjaga keindahan rambut. Bila tidur dengan rambut basah, Anda akan mendapati rambut kusut dan mekar seperti “rambut singa” pada keesokan harinya. Anda pun akan lebih sulit menatanya.

Inilah pentingnya membuat beberapa perubahan sederhana untuk mengatur waktu mandi dan rutinitas tidur Anda. Jika sulit menghindari tidur dengan rambut basah, usahakan untuk meminimalkan gesekan yang berpotensi merusak rambut.

Rambut paling rapuh dan lemah saat basah. Sama seperti tidak boleh menarik, menyisir, atau mengikat rambut saat masih basah, Anda juga tidak boleh terlalu sering membolak-balik badan dan menindihnya di tempat tidur. Setiap kali melakukannya, Anda berisiko menambah ketegangan pada batang rambut yang membuat rambut mudah pecah dan rusak.

Kebiasaan menyanggul rambut saat basah dan dibawa tidur, juga sebaiknya tidak dlakukan. Anda mungkin bisa mendapat gaya rambut bergelombang yang cantik keesokan harinya, tetapi itu juga dapat menyebabkan kerusakan serius. Rambut Anda yang basah akan tertarik saat Anda melakukannya, lalu terjepit oleh ikatan rambut, sehingga sangat mungkin rontok.

Seiring waktu, air dapat menurunkan kualitas lapisan luar pelindung folikel rambut yang disebut kutikula. Setelah kutikula rusak, air dapat menembusnya dan menghancurkan korteks di dalam folikel. Kerusakan itu dapat menyebabkan rusaknya rambut dan hilangnya kilau serta elastisitas rambut.