Jelajahi dan Pahami Dunia Secara Visual [theverge]

Jelajahi dan Pahami Dunia Secara Visual

PinkKorset – Dalam keseharian, meminta seseorang untuk mencari informasi lewat Google alias Googling bukan lagi hal asing. Pernahkah Anda memanfaatkan layanan yang lebih spesifik seperti Google Lens dan Augmented Reality (AR)?

Google diandalkan untuk menjawab berbagai pertanyaan. Mulai dari siswa yang sedang mempelajari fotosintesis, hingga orang tua yang sedang mencari mobil baru untuk keluarga. Raksasa search engine ini memang bisa membantu Anda dalam berbagai cara. Teks, suara, hingga kamera ponsel.

Mungkin Anda tidak pernah memanfaatkan fitur-fitur dalam pencarian yang lebih spesifik seperti Google Lens dan AR. Oleh karena itu, tak ada salahnya kita berkenalan dengan dua fitur ini. Yuk!

Lens sekarang dapat mengenali 15 miliar obyek, tumbuh pesat dari hanya satu miliar obyek dua tahun lalu. Fitur ini membantu Anda mengenali tanaman, binatang, tempat dan bangunan, serta banyak lainnya. Lens juga bisa menerjemahkan lebih dari 100 bahasa, baik secara real-time maupun dari gambar atau screenshot yang Anda unggah. Tersedia tombol yang bisa Anda ketuk untuk mendengarkan pengucapan kata atau kalimat.

Kerennya, Google Lens juga bisa digunakan untuk berbelanja. Dengan menyentuh lama sebuah gambar pakaian di aplikasi Google atau Chrome di Android, Lens akan menampilkan pakaian yang sama persis atau mirip dan menyarankan berbagai gaya. Hal ini terjadi karena Lens menggunakan teknologi Style Engine yang memadukan database produk terbesar di dunia. Lalu, menggunakan pengenalan pola untuk memahami konsep-konsep seperti “lengan lonceng” atau “jins vintage”, dan bagaimana jenis pakaian itu jika dipadukan item lainnya.

Adapun AR, semakin mempermudah kegiatan belajar mengajar. Banyak diantara kita yang merupakan sosok visual atau lebih mudah memahami dengan melihat. Misalnya, visualisasi cara kerja sel tanaman atau elemen-elemen tabel periodik dalam bentuk 3D, akan lebih membantu ketimbang sekadar membaca teks di dalam buku.

AR memungkinkan Anda belajar dengan “melihat langsung” dari rumah. Apalagi jika Anda kemungkinan sudah tidak ingat dengan pelajaran-pelajaran yang saat ini sedang dipelajari si anak dari sekolahnya.

Dari kotak penelusuran di aplikasi Google pada Android maupun iOS, gunakan Lens untuk membantu mengerjakan pekerjaan rumah mereka. Ada panduan video langkah demi langkah, sehingga Anda sekalipun dapat belajar (lagi) dan memahami berbagai konsep dasar untuk memecahkan soal matematika, kimia, biologi, dan fisika.

Proses belajar setiap orang tentunya berbeda. Apakah Anda memilih mengambil foto dengan Lens atau lebih suka menggunakan pengalaman AR yang terasa lebih menyeluruh, semoga Anda dapat mempelajarinya dengan mudah dan bahkan sambil bersenang-senang. Selamat mencoba!