Kontrasepsi Bagi Perempuan Modern drtanandpartners.com.my

Kontrasepsi Bagi Perempuan Modern

PinkKorset.com – Bagi perempuan usia produktif yang membutuhkan perencanaan keluarga matang, kontrasepsi dengan pil KB menjadi solusi yang ideal.

Pil KB merupakan kombinasi Cyproterone Acetate (hormon progesteron) dan Ethinylestradiol (hormon estrogen) yang mencegah kehamilan dengan cara menghambat indung telur atau ovarium melepaskan sel telur, serta mempertebal lapisan lendir di dalam leher rahim sehingga sperma sulit membuahi sel telur. Hormon dalam pil KB terkadang juga dapat mempersulit sel telur untuk menempel pada dinding uterus.

Berdasarkan sebuah studi dari The European Journal of Contraception & Reproductive Health Care tahun 2017, menyebutkan bahwa penggunaan Cyproterone acetate dan Ethinylestradiol secara teratur efektif untuk mengobati kasus jerawat parah dan hirsutisme atau kondisi dimana perempuan memiliki bulu berlebih di tubuhnya. Selain itu, manfaat tambahan dari kedua hormon kombinasi tersebut mampu untuk mengontrol siklus menstruasi.

Penggunaan pil KB sebagai alat kontrasepsi merupakan salah satu metode yang efektif, dengan tingkat keberhasilan 99%. Selain metode yang reversibel. Artinya jika pasangan menginginkan kehamilan, istri cukup menghentikan konsumsi pil KB agar dapat hamil kembali.

DKT Indonesia yang dikenal dengan produk kontrasepsi seperti kondom Sutra, Kontrasepsi Andalan, dan kondom Fiesta, baru-baru ini meluncurkan Pil KB Premium bernama Elzsa.

Dengan desain elegan dan ukuran yang mungil, pil KB ini praktis untuk dibawa. Pemakaiannya pun mudah. Satu butir pil salut selaput Elzsa dikonsumsi setiap hari pada jam yang sama, dimulai dari hari pertama menstruasi.

Tak hanya untuk mencegah kehamilan, Elzsa menawarkan sejumlah manfaat lain, seperti:

  • Membantu menjaga kestabilan hormon dalam tubuh,
  • Mengobati jerawat sehingga kulit wajah terlihat lebih sehat, tetap cantik dan bebas jerawat
  • Mempertahankan siklus menstruasi yang teratur
  • Mengurangi dysmenorrhea (nyeri menstruasi)
  • Membantu memperlancar menstruasi dan menurunkan risiko kekurangan zat besi pada saat menstruasi

Melati Gultom, Brand Manager Elzsa mengatakan, kandungan hormon dalam pil KB kombinasi Elzsa telah teruji secara klinis dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan para perempuan. Pil ini pun diklaim tidak menyebabkan kenaikan berat badan atau mengganggu kesuburan. Hal tersebut dinilai hanya mitos yang membuat perempuan khawatir menggunakan kontrasepsi.

Bila Anda siap untuk merencanakan kehamilan, Anda pun tak perlu khawatir. “Begitu Anda berhenti mengonsumsi pil, kesuburan Anda akan langsung kembali lagi,” ujarnya.