Kriteria Menonton Televisi Bagi Anak

PinkKorset.com – Menonton televisi bisa menjadi alternatif mengisi masa liburan anak di rumah.

Berlibur di rumah dengan aktivitas dan ruang gerak terbatas memang membosankan bagi anak-anak. Menonton televisi dengan ragam pilihan acara, bisa menjadi pilihan yang cukup menarik.

Namun, memilih tontonan yang sesuai untuk anak bukan perkara mudah.

Psikolog anak Saskhya Aulia Prima mengatakan, banyaknya tayangan di televisi maupun konten layanan streaming video yang ada saat ini membuat para orangtua perlu cermat dalam memilih tontonan yang sesuai untuk anak.

“Tak hanya menghibur, tayangan yang ditonton si kecil juga sebaiknya bersifat edukatif dan memacu kreativitas anak,” ujarnya saat InstaLive Mother&Baby.

Ia pun tidak menyarankan anak usia di bawah 18 bulan untuk menonton televisi. Menurutnya, usia tersebut masih melakukan komunikasi dua arah dengan orang tua.

Lalu, seperti apa kriteria tontonan yang sesuai untuk anak.

  1. Batasi durasi menonton televisi

Balita biasanya akan mudah merasa bosan jika menonton dalam waktu lama. Karena itu, pastikan tontonan yang dipilih tidak memiliki durasi terlalu panjang. Dalam sehari, anak usia 2 – 5 tahun bisa menonton beberapa kali dengan durasi total 1 jam.

  1. Sesuaikan dengan waktu anak

Pilihlah tontonan pada saat anak sedang dalam kondisi tenang dan rileks. Hindari menonton televisi menjelang waktu tidur atau saat anak sedang makan.

  1. Pilih acara yang mengedukasi atau berdampak positif

Pastikan memilih acara televisi yang bersifat edukatif dan memacu kreativitas anak. Tontonan yang baik adalah yang bisa diikuti dengan mudah oleh anak, serta membantu perkembangan dan kecerdasannya. Mengingat si kecil belum bisa membedakan mana yang baik dan buruk, pastikan pula tontonan yang dipilih tidak mengandung kekerasan atau konten dewasa.

  1. Orang tua mendampingi anak saat menonton

Melalui tontonan, anak bisa belajar banyak hal secara efektif. Namun, tidak semua tontonan menghadirkan tayangan yang berkualitas dan edukatif. Karena itu, orang tua sebaiknya selalu mendampingi sang buah hati saat menonton untuk memantau dan juga menjelaskan konten acara tersebut.