Langkah Mudah Memanjakan Diri

PinkKorset.com – Tahun 2020 merupakan tahun ujian, bahkan bagi yang tangguh sekalipun. Jika Anda merasa sulit termotivasi, yuk ikuti beberapa cara untuk memanjakan diri seperti berikut ini.

Tak sulit sebenarnya untuk menyenangkan diri sendiri. Namun sebagian besar dari kita bingung harus mulai dari mana. Dunia terus berjalan dan jika tak segera memulainya, maka Anda pun malah membuang waktu. Alih-alih melepas penat, stres semakin bertambah. Berikut langkah-langkah mudah untuk mulai memanjakan diri.

Bikin jadwal. Buka kalender di ponsel dan carilah hari dimana Anda bisa mengosongkan seluruh jadwal, lalu tandai. Saat hari itu tiba, lakukan hal-hal yang selama ini Anda ingin lakukan namun tertunda. Hidup terlalu singkat untuk memenuhi semua hari Anda dengan berbagai macam pekerjaan, jangan lupa luangkan waktu untuk hobi.

“Treat yourself!” Tak ada salahnya sesekali membelikan diri sendiri sesuatu yang membuat Anda senang, mulai makanan hingga barang-barang lainnya. Bagaimanapun, uang yang Anda peroleh adalah hasil keringat sendiri. Banyak ahli menyarankan agar tidak boros, tapi belilah apapun yang membuat Anda senang, asal sesuai kemampuan dan perhitungan masing-masing.

Percaya diri. Saat menghadapi masalah besar, kadang hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah percaya kepada diri sendiri. Ingat kerasnya perjuangan selama ini untuk mencapai tempat dimanapun Anda berada saat ini. Ketahuilah bahwa semangat perjuangan itu juga bisa membawa Anda kemanapun.

Semangati diri sendiri. Gunakan kata-kata seperti, “Aku hebat dan aku bisa melakukan apa saja,” kemudian akhiri dengan, “Aku tahu dalam hatiku bahwa itu benar.” Kata-kata penyemangat seperti ini bisa membuat suasana hati Anda jauh lebih baik.

Kelilingi diri dengan orang-orang yang tepat. Cari mereka-mereka yang selalu semangat membantu dan melihat hal-hal yang positif dalam diri Anda. Seorang pengusaha yang juga motivational speaker asal Amerika Serikat, Jim Rohn, berkata bahwa, “Anda adalah hasil dari gabungan rata-rata lima orang terdekat.” Saat hidup terasa berat, kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang Anda kagumi dan hormati. Mereka yang memberi pengaruh positif dan sebaliknya.

Jalan-jalan. Terdengar sederhana, tapi berjalan-jalan keluar dan menikmati alam luar dapat membawa perubahan positif bagi hidup Anda. Ketika berada di luar, hiruplah udara alam, cium baunya, dengarkan suaranya dan rasakan hembusan angin sepoi-sepoi yang menerpa wajah. Beberapa nikmat hidup dapat dirasakan secara gratis, dan inilah salah satunya. Lakukan hal sama ketika hujan turun, dijamin Anda bisa merasakan sensasi yang beda dan segar.

Mendengarkan musik. Musik merupakan bahasa universal dan cerminan jiwa kita. Kemajuan teknologi memudahkan Anda mencari dan mendengarkan musik apapun, jadi manfaatkanlah. Percayalah, musik merupakan salah satu senjata terampuh untuk menghilangkan rasa stres.

Membaca buku. Klasik. Mungkin Anda tidak suka mendengarkan musik? Tak masalah. Bacalah buku favorit. Ya, sekalipun Anda sudah membacanya lebih dari sekali. Tapi saat membukanya, Anda akan kesulitan menutupnya. Baca kembali dan terjunlah ke dalam dunia dalam buku yang pastinya sudah terasa familiar. Anggap saja seperti silaturahim ke rumah teman lama.

Beramal. Berbagi merupakan salah satu hal yang bisa menyenangkan hati. Beramal kepada mereka yang membutuhkan akan memberi dosis serotonin tambahan. Tak hanya mengubah suasana hati menjadi lebih baik, namun juga bisa memberikan perasaan hangat yang kadang bertahan selama beberapa hari.

Istirahat saat lelah. Hampir setiap hari Anda bekerja keras untuk mencari nafkah, istirahat pun menjadi sesuatu yang penting. Tanpa istirahat yang cukup, tubuh takkan bisa bekerja kembali secara optimal. Jika tidak percaya, silakan coba rasakan sendiri perbedaan perasaan dan stamina sebelum dan sesudah beristirahat. Meskipun begitu, jangan terlena dan melupakan tanggung jawab Anda!

Bercermin, memuji diri sendiri. Tidak, ini bukan narsis. Kadang Anda perlu lebih aktif mengapresiasi diri sendiri dan tak perlu menunggu dipuji orang lain Anda. Terdengar remeh tapi carilah cermin dan senyum hangat pada bayangan Anda di cermin. Bahkan, lontarkan juga beberapa pujian untuk menaikkan semangat.

Mengulurkan tangan untuk orang asing. Bayangkan seberapa berbedanya dunia ini jika kita bisa memperlakukan orang-orang yang tidak kita kenal sebaik orang-orang yang kita kenal. Jangan ragu untuk mengulurkan tangan pada orang lain dan jadilah contoh yang baik bagi orang-orang di sekeliling. Dunia akan menjadi tempat yang lebih baik, dan orang-orang yang Anda bantu pun bisa meneruskan kebaikan dengan membantu orang lain. Pay it forward!

Baca sesuatu yang Anda tulis beberapa tahun lalu. Anda gemar menulis dan memiliki buku harian? Kapan terakhir kali membaca sesuatu yang Anda tulis beberapa tahun lalu? Seperti foto yang membuat Anda mengenang sesuatu, tulisan juga bisa memberikan efek yang sama. Selain mengembalikan kenangan-kenangan tertentu, khususnya yang bersifat positif, Anda bisa menggunakannya sebagai pengukur seberapa jauh perkembangan diri selama ini.

Telepon seseorang, beritahu bahwa mereka berharga bagi Anda. Beberapa tips di atas membuktikan bahwa memanjakan diri tak harus selalu dilakukan sendiri. Anda bisa melibatkan orang lain, seperti menelepon kerabat atau teman dan beritahu bahwa mereka berharga bagi Anda. Selain bertukar kabar, Anda dan mereka pasti senang bisa saling berbicara khususnya ketika masa pandemi memaksa semua orang tetap berada di rumah. Apalagi ketika mereka baru saja melalui hal berat dan membutuhkan hiburan atau perhatian dari seseorang yang peduli.