Lima Langkah Jalankan Sustainable Feminine Hygiene [LeSoir]

Lima Langkah Jalankan Sustainable Feminine Hygiene

PinkKorset.com, Jakarta – Kepedulian terhadap lingkungan merupakan inti dari Sustainable Feminine Hygiene. Jadikan ini sebuah resolusi dengan mengikuti lima langkah mudah berikut ini.

Ini dari Sustainable Feminine Hygiene adalah bijak dalam menggunakan produk kewanitaan dengan memilih bahan ramah lingkungan serta memiliki dampak kimia yang rendah bagi tubuh dan lingkungan. Ini lima langkah mudah untuk menjalankannya.

Bijak memilih produk yang aman bagi kulit dan lingkungan

Tren minim sampah (zero-waste) pada saat menstruasi berkembang dengan meningkatnya penggunaan menstrual cup. Benda yang satu ini lebih cocok digunakan perempuan yang sudah aktif berhubungan seksual.

Perhatikan cara membersihkan dan mensterilkan menstrual cup dengan benar. Gunakan air antiseptik atau sabun khusus kewanitaan. Penggunaan tanpa memperhatikan kebersihan organ reproduksi juga akan menciptakan iritasi.

Sanitasi yang baik juga berperan penting, khususnya bila sedang bepergian atau bekerja di kantor. Pastikan rutin mencuci dan mengganti menstrual cup maksimal 10-12 jam sekali. Terapkan kedisplinan yang sama saat menggunakan reusable sanitary pads.

“Pilih yang bebas klorin, parfum, serta cairan kimia yang berlebih karena akan membahayakan kesehatan area vagina,” papar dr. Dinda Derdameisya Sp.OG, dalam siaran pers Andalan Feminine Care.

Gunakan sabun pembersih kewanitaan yang aman dan mengandung bahan alami

Saat mandi maupun setelah buang air, usahakan untuk selalu membersihkan bagian luar organ kewanitaan dengan sabun pembersih kewanitaan khusus yang memiliki kandungan alami, lembut, mengandung prebiotik dan bahan alami.

Salah satu yang bisa Anda pilih adalah Andalan Feminine Care Intimate Wash yang aman digunakan di setiap momen aktivitas sehari-hari, serta memabntu menjaga keseimbangan pH alami vagina.

Rajin ganti celana dalam dan menjaga kelembaban vagina

Di musim hujan seperti saat ini, jamur mudah berkembang apabila jarang mengganti maupun menggunakan celana dalam yang tidak benar-benar kering. Gantilah minimal dua kali sehari atau lebih bagus lagi, setiap selesai buang air.

Gunakan bahan yang mudah menyerap keringat. Gunakan handuk kering dan lembut sebelum memakai celana dalam. Jemur celana dalam dan handuk di bawah terik matahari sehingga benar-benar kering, yang merupakan cara paling efektif membunuh bakteri pada pakaian.

Ekstra bersih saat sedang menstruasi

Seringkali perempuan malah malas membersihkan area kewanitaan saat sedang menstruasi karena darah membuat tidak nyaman saat melakukannya. Salah! Justru saat menstruasi area kewanitaan perlu dijaga kebersihannya dengan lebih ekstra lagi.

Area vagina rentan terhadap infeksi bakteri dan jamur. Jangan lupa gunakan sabun kewanitaan yang memiliki kandungan alami untuk menjaga kebersihan area kewanitaan.

Rajin minum air mineral serta konsumsi sayur dan buah berserat tinggi

Asupan makanan sehat dan bernutrisi sangat penting untuk menjaga kesehatan reproduksi. Sustainable trend alias gaya hidup minim sampah tak lengkap bila tidak diikuti gaya hidup sehat, baik untuk apapun yang kita konsumsi dan gunakan.

Buah, sayur, kacang-kacangan, susu, telur, daging serta ikan adalah contoh makanan yang baik bagi kesehatan reproduksi perempuan. Jangan lupa konsumsi minimal delapan gelas air mineral per hari. Para penggemar kopi ada baiknya membatasi konsumsi kopi tak lebih dari dua cangkir per hari.