Leher Kaku? Ikuti Teknik Stretching Ini [Cleveland Clinic]

Leher Kaku? Ikuti Teknik Stretching Ini

PinkKorset.com – Leher kaku sepertinya sudah menjadi masalah umum masyarakat dengan gaya hidup modern. Ini tips sederhana untuk mengatasinya.

Mulai dari seharian duduk di depan meja hingga menyetir mobil di tengah kemacetan, gaya hidup modern menjadi penyebab leher kaku. Berikut beberapa tips sederhana untuk meredakannya.

Rangkaian Stretching

Berhenti melakukan apapun kegiatan yang membuat leher Anda kaku sangat membantu sebagai langkah pertama. Kemudian lakukan beberapa langkah ini:

  • Lakukan gerakan berputar pada kedua bahu
  • Lakukan gerakan mengangkat pundak beberapa kali
  • Perlahan, dekatkan telinga Anda ke kanan dan kiri mendekati bahu
  • Perlahan, putar kepala Anda ke kanan dan kiri
  • Letakkan tangan Anda di atas telinga dan pijat perlahan dengan jari, berlawanan dengan gerakan otot leher yang menyangga kepala

Kompres Dingin atau Panas

Untuk mengurangi bengkak, kompres dingin atau panas bisa membantu. Memberikan es ketika sedang nyeri sangat membantu untuk mencegah pembengkakan dan panas di leher akan menstimulasi aliran darah. Kedua cara ini efektif dan Anda bisa menentukan sendiri mana yang terbaik. Bahkan, bisa melakukan keduanya bergantian.

Kurangi Jumlah Bantal

Terlalu banyak bantal yang digunakan saat tidur bisa mencederai leher. Bantal yang terlalu tinggi mencegah leher Anda bergerak bebas, sehingga akan muncul rasa sakit begitu bangun tidur. Juga, hindari bantal yang kaku karena akan membatasi gerakan leher.

Pijat Urut Profesional

Jika dilakukan dengan tepat, pijatan yang lembut di area yang sakit atau ngilu bisa mengendurkan otot leher dan punggung. Selain itu, pijat juga mengurangi rasa sakit di leher dan meningkatkan jangkauan gerak, bahkan meredakan stres.

Banyak Bergerak

Jika Anda bekerja di kantor atau banyak menghabiskan waktu duduk di depan komputer, kemungkinan mengalami sakit leher amat tinggi. Namun saat Anda berdiri dan melakukan sedikit gerakan olah raga, hal tersebut bisa membebaskan leher dari rasa sakit karena terlalu lama berada di posisi yang tidak menyehatkan.

Mencoba Akupunktur

Teknik ini sudah dikenal selama ribuan tahun dalam pengobatan China. Menusukkan jarum khusus ke titik tekanan pada tubuh Anda bisa menurunkan ketegangan otot dan membantu dengan rasa kronis pada daerah leher.

Tusuk dengan Garpu

Lidah kita menyimpan banyak informasi mengenai masalah pada tubuh, termasuk yang dialami di leher. Seperti disebutkan sebelumnya, teknik akupunktur bisa membantu meredakan rasa sakit. Dan ada jenis spesifik yang bisa sangat membantu. Teknik ini disebut lingual acupuncture. Cukup dengan menusuk ujung lidah selama 10-30 kali menggunakan garpu (atau bisa juga jari Anda). Sakit leher akan mereda dengan sendirinya.

Jangan Gunakan Ponsel di Posisi Rendah

Hindari menempatkan ponsel atau perangkat pintar lainnya di posisi rendah ketika sedang menggunakannya. Memaksa kepala untuk menunduk berarti memaksa otot-otot leher dan meningkatkan rasa sakit. Jadi berusahalah untuk selalu memegang ponsel atau perangkat lainnya sejajar dengan mata.

Pada akhirnya, jika rasa sakit sudah sangat mengganggu dan tak tertahankan maka sebaikanya Anda berkonsultasi dengan dokter.