Makna Cantik Perempuan Indonesia

PinkKorset.com – Cantik tidak hanya berarti tampilan fisik yang menyenangkan mata. Kata cantik memiliki makna yang lebih dalam.

Hal itulah yang berusaha diangkat www.indonesiakaya.com dalam webseries bertajuk Paras Cantik Indonesia.

Dokumenter pendek yang terdiri dari 12 episode ini menarasikan nilai-nilai di balik kecantikan para perempuan di berbagai daerah, dengan latarbelakang dan profesi berbeda.

Renitasari Adrian, Program Director www.indonesiakaya.com menuturkan bahwa proyek ini memakan persiapan cukup lama yakni hampir sekitar 2 tahun. Terutama dalam proses menemukan konsep dan partner yang tepat untuk merealisasikan ide menjadi sebuah karya.

Idenya berawal dari keragaman di Indonesia, melihat kekuatan perempuan sebagai salah satu sumber energi dan jiwa.

“Kami pun memulai perjalanan ke provinsi-provinsi Indonesia untuk menyelisik kehidupan, perjuangan para perempuan yang berada di ruang dan waktu yang berbeda, tetapi memiliki kesamaan nilai: tangguh, teguh, yakin, tulus, jujur, mandiri, setara, peduli dan memiliki rasa kasih sayang yang menjadikan pribadi mereka cantik luar dalam. Paras Cantik Indonesia menarasikan nilai-nilai tersebut dengan mengikuti keseharian mereka, bagaimana mereka bergerak, berproses dan bertahan memperjuangkan harapan dan menebar kebaikan satu sama lain.”

dr. Tompi sendiri mendefinisikan cantik sebagai kata yang sarat makna namun sering pula menjadi kontroversi.

“Cantik saat ini sering diartikan dengan cara yang terlalu sederhana dan tidak esensial, hanya berdasarkan paras yang entah dari siapa standar tersebut dibentuk. Saya berkesempatan untuk menjelajahi berbagai daerah di Indonesia dan bertemu secara langsung dengan perempuan-perempuan yang inspiratif menjadi pengalaman yang tidak ternilai bagi saya,” ujarnya.

 Untuk memahami seperti apa makna cantik yang dimaksud, Anda bisa menyaksikan Webseries Paras Cantik Indonesia melalui channel YouTube IndonesiaKaya mulai 8 September 2020 pukul 19.00 WIB.