Mengapa Harus Beralih ke Smart TV?

PinkKorset.com – Televisi yang terhubung dengan internet atau biasa disebut Smart TV semakin populer beberapa tahun terakhir.

Hal ini karena Smart TV menawarkan beragam fitur inovatif yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam menikmati konten hiburan atau mendukung pekerjaan. Sehingga Anda tak hanya disuguhkan hiburan pasif, tapi juga bereksperimen dengan aplikasi, hingga berselancar di dunia maya.

Tak heran bila penggunaan Smart TV di Indonesia menunjukkan peningkatan. Berdasarkan data Nielsen Media pada Maret 2020, terjadi peningkatan akses internet melalui Smart TV di Indonesia sebanyak 17% pada 2019, dari hanya 7% pada 2017.

Berikut beberapa keunggulan Smart TV yang akan membuat Anda jatuh hati pada perangkat pintar ini.

1. Memungkinkan streaming film, serial, dan musik favorit secara instan

Smart TV meningkatkan kemampuan televisi konvensional dengan akses terhadap internet, sehingga Anda bisa menjelajahi berbagai konten melalui browser maupun layanan penyedia konten streaming berupa video dan audio, seperti YouTube, Netflix, dan Spotify.

2. Mengunduh aplikasi layaknya smartphone

Layaknya smartphone, Anda juga dapat menambah aplikasi pada Smart TV Anda dengan mengunduhnya dari layanan distribusi konten yang tersedia. Hal ini memungkinkan Anda memiliki lebih banyak pilihan untuk menikmati konten, bermain game, hingga mengakses layanan-layanan lainnya.

Jenis layanan distribusi konten ini sangat bergantung dengan sistem operasi yang digunakan smart TV tersebut. Salah satu sistem operasi paling populer di smart TV adalah Android TVTM dengan layanan Google Play Store. Smart TV yang menggunakan OS Android biasa disebut juga sebagai Android TV.

3. Menampilkan layar smartphone ke smart TV dengan Screen Mirroring

Beberapa produk smart TV mampu menghubungkan tampilan layar smartphone ke layar TV secara nirkabel. Ini berarti, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas di smartphone dengan layar yang lebih besar.

4. Penggunaan lebih mudah dengan perintah suara

Smart TV dibuat untuk memberikan kenyamanan lebih bagi pengguna. Pastikan Anda memilih smart TV yang dapat menerima perintah suara melalui Google Assistant, sehingga Anda bisa mencari konten dengan mudah tanpa harus mengetik.

5. Desain yang elegan

Smart TV hadir dengan layar tipis dan desain yang elegan. Hal ini tentu akan mempermudah Anda menyelaraskan dengan furnitur lain, selain memberi nilai tambah pada interior ruangan.

 

Perusahaan teknologi Xiaomi baru-baru ini meluncurkan produk smart TV terbaru dengan harga terjangkau, yaitu Mi TV 4 55″ dan 43″.

Mi TV 4 adalah salah satu smart TV yang bisa memutar konten Netflix dengan resolusi 4K HDR. Sedangkan antarmuka PatchWall 3.0-nya bisa menyatukan beragam mitra penyedia konten seperti Netflix, Vidio, CATCHPLAY+, dan iFlix, yang dapat memanjakan Anda dengan lebih dari 700.000 jam tayangan konten hiburan.

Bisa sudah lelah melihat layar smartphone, Anda bisa memindahkan tampilan ke smart TV dengan screen mirroring. Hal ini berkat fitur Chromecast built-in bawaannya. Mi TV 4 juga memiliki fitur konektivitas seperti Bluetooth 4.2 yang dapat menghubungkan speaker nirkabel, headphone, atau perangkat lain seperti pengontrol game, mouse, dan keyboard.  

Tampil dengan ukuran bezel (frame luar) sangat tipis, Anda dapat memiliki pengalaman menikmati konten yang lebih imersif.