Onno Purbo Raih Penghargaan Internasional Bergengsi [cyberthreat]

Onno Purbo Raih Penghargaan Internasional Bergengsi

PinkKorset.com – Onno W. Purbo yang dikenal sebagai ‘Tokoh Pembebasan Internet Indonesia’ meraih penghargaan bergengsi Jonathan B. Postel Service Award 2020 dan kembali melambungkan di dunia teknologi internasional.

Penghargaan tersebut diberikan oleh The Internet Society, organisasi nirlaba global yang mempromosikan pengembangan dan penggunaan internet yang terbuka, terkoneksi secara global dan aman, pada Rabu (18/11) lalu. Pak Onno dianggap memberi kontribusi teknis, memimpin dan mengabdi secara luar biasa dan terus-menerus baik secara nasional maupun internasional.

Hal ini disampaikan oleh Johnny Plate, Menteri Komuikasi dan Informatika Indonesia yang menyampaikan bahwa kontribusi Pak Onno terhadap sektor digital tidak ternilai harganya. Penghargaan ini, sambungnya, menandai prestasi yang diraih Pak Onno dan menginspirasi orang lain untuk meraih prestasi serupa.

“Gagasan akses Internet dan Jaringan Komunitas bermanfaat yang diusungnya telah mendorong pertumbuhan tidak hanya internet yang lebih terjangkau, tapi juga dapat diakses di berbagai wilayah di seluruh Indonesia,” kata Johnny Plate.

Ia yakin, penghargaan ini akan menguatkan anak-anak bangsa untuk terus berinovasi dan mengikuti langkah Pak Onno mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi khususnya dalam meningkatkan digitalisasi.

Dari sekian banyak prestasinya, Pak Onno paling dikenal karena merintis internet di Indonesia melalui penggunaan teknologi nirkabel dan Voice over Internet Protocol (VoIP) secara canggih. Beliau merintis koneksi Internet pertama di Institut Teknologi Bandung dan menggunakannya untuk membangun jaringan pendidikan pertama di Indonesia.

Beliau juga menjadi salah satu penggagas deregulasi frekuensi Wi-Fi dan memperkenalkan warung Internet (warnet), jaringan RT-RW-Net dan jaringan selular komunitas di Indonesia. Pak Onno menggelar jaringan telephony over Internet pertama dan memimpin diperkenalkan kembalinya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam kurikulum sekolah menengah atas.

Saat ini beliau terlibat dalam layanan e-Learning GRATIS terbesar di Indonesia yang telah menggelar lebih dari 700 kursus untuk hampir 40.000 peserta dan melatih lebih dari 8000 tenaga pengajar mengenai pengoperasian e-learning.

“Merupakan sebuah kehormatan bagi saya bisa menerima penghargaan tertinggi dan tidak ternilai harganya dari komunitas Internet untuk Indonesia. Dengan gadget dan perangkat sederhana yang ada di pasaran, seseorang dapat memenuhi hak untuk mengakses informasi dan pengetahuan, yang merupakan pondasi penting bagi setiap negara untuk meraih kemajuan,” kata Pak Onno.

Internet Society, lanjutnya, mengakui pendekatan ini sebagai salah satu jalur yang tepat menuju internet untuk semua. Namun bagi Pak Onno pekerjaan ini belum selesai. Baginya, Postal Service Award memberi panduan mengenai jalan yang harus kita lalui dan menginspirasi antusiasme luar biasa untuk melangkah ke depan menuju masyarakat berbasis pengetahuan.

Pak Onno dipilih melalui seleksi oleh komite internasional yang sangat kompeten, terdiri dari para pemenang Jonathan B. Postel award sebelumnya, yang meliputi para visioner dan tokoh Internet. Memasuki usia 21 tahun, Postel Award didirikan pada 1999 oleh Internet Society untuk memberi penghargaan kepada individu dan organisasi yang karya mereka mencerminkan semangat Jonathan Postel, yang pengaruhnya di bidang teknis dapat ditemukan di inti banyak protokol yang menggerakan Internet.

Andrew Sullivan, President dan CEO Internet Society, akan menyerahkan penghargaan ini, yang meliputi honorarium sebesar US$20.000 dan replika bola dunia berukir, pada upacara virtual sebagai bagian dari 109th Internet Engineering Task Force (IETF) Meeting yang digelar pada 16-20 November 2020.