Pentingnya Air Mineral Saat Puasa

PinkKorset.com – Saat berpuasa, jangan lupa untuk memenuhi asupan cairan tubuh, terutama dengan air mineral.

Selama bulan Ramadan, tubuh membutuhkan asupan air yang cukup agar organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Hal ini karena saat berpuasa, pola asupan air berubah, padahal sistem metabolisme tubuh tetap bekerja seperti biasa.

Dr. Diana Sunardi, Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) mengatakan, saat berpuasa, tubuh masih membutuhkan asupan cairan yang sama dengan hari-hari biasa, yaitu 8 gelas atau 2 liter setiap hari.

“Yang terbaik bagi tubuh adalah tetap minum minimal 2 liter air setiap hari atau sesuai kebutuhan, yang dapat dikonsumsi 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas sepanjang malam hingga sebelum tidur, dan 2 gelas pada saat sahur,” ujarnya.

Menurutnya, air berperan dalam melancarkan metabolisme tubuh, yakni dengan membantu penyaluran nutrisi ke sel-sel tubuh, dan membuang zat-zat yang tidak diperlukan tubuh melalui urin.  Kecukupan hidrasi sesuai kebutuhan atau hidrasi sehat, juga dapat mengatur suhu tubuh, pembentukan sel, keseimbangan cairan tubuh, serta pelarut pada proses pencernaan makanan.

Mengapa harus air mineral?

Meskipun sumber utama mineral adalah makanan, air mineral membantu kecukupan zat tersebut dalam tubuh. Beberapa manfaat mineral bagi tubuh seperti zinc (Zn), magnesium (Mg), Natrium (Na), dan Selenium (Se) adalah membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dan memperlancar pembentukan sel dan enzim, sehingga fungsi organ vital dapat berjalan dengan baik.

Sementara berdasarkan sebuah studi yang dilakukan Aqua, air dapat mencapai sel tubuh dalam 5 menit setelah masuk saluran cerna.

Disinilah pentingnya mengonsumsi air mineral yang berkualitas saat berbuka puasa, setelah makan, dan saat sahur. Karena, 5 menit setelah membatalkan puasa dengan air mineral, air akan mengalir sampai ke sel-sel tubuh sehingga tubuh mulai terhidrasi.

“Jika dalam 5 menit air dapat langsung diserap oleh tubuh, maka akan lebih baik bila seseorang mengutamakan mengonsumsi air mineral berkualitas saat berbuka. Ini untuk memastikan organ tubuh, lekas bekerja normal kembali, termasuk saluran pencernaan supaya nutrisi dari makanan dapat terserap dengan baik,” ujar Dr. Diana.

Sebagai salah satu penyedia air minum dalam kemasan Danone-AQUA berkomitmen untuk selalu menyediakan air mineral murni dari sumber air yang terjaga, sehingga dapat melindungi kesehatan saat menjalankan ibadah puasa.

Marketing Manager Danone-AQUA Jeffri Ricardo menjelaskan bahwa sumber air minum AQUA telah melalui berbagai proses pemilihan yang seksama dan mengutamakan keberlanjutan dan kebaikan untuk bumi. “Air minum AQUA mengandung mineral alami yang berasal dari pegunungan terpilih dan terjaga kemurniannya. Kami berkomitmen terus menyediakan air mineral yang berasal dari sumber air terlindungi. Sehingga, dapat melindungi kesehatan seluruh keluarga Indonesia saat menjalankan ibadah puasa dan bisa terus berbagi kebaikan dari rumah selama bulan Ramadan ini,” katanya.