Pentingnya First Aid Box di Rumah Anda

PinkKorset.com – Luka dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, bahkan di rumah sekali pun.

Teriris saat menggunakan pisau, luka cakaran kucing, atau terjatuh saat anak main kejar-kejaran dengan kakak. Cedera atau luka ini harus segera ditangani untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.

Ya. Berbagai kecelakaan kecil mudah sekali terjadi di tempat tinggal Anda. Data menunjukkan bahwa 36% luka terjadi di rumah. Namun, mengingat data ini tersedia sebelum masa karantina di rumah karena pandemi, angkanya saat ini mungkin lebih besar.

Lalu, apa yang harus dipersiapkan?

Pertama-tama, pastikan Anda sudah punya Kotak Pertolongan Pertama (First Aid Box ) di rumah. Menurut ALODOKTER, kotak Pertolongan Pertama adalah sarana yang harus disediakan di tiap rumah. Sesuai namanya, tujuan dari pengadaan kotak Pertolongan Pertama adalah sebagai langkah antisipasi dini untuk menangani cedera atau luka.

Letakkan First aid Box di tempat yang mudah dijangkau oleh Anda, namun jauh dari jangkauan anak-anak. Pastikan pula kotak itu terkunci dengan aman dan berada di tempat yang sejuk dan kering.

dr.Adisaputra Ramadhinara, Certified Wound Specialist Physician mengatakan, luka dapat terjadi kepada siapa saja dan kapan saja. Bahkan di rumah pun. Untuk bisa merawat luka, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memiliki kotak Pertolongan Pertama dengan isi yang memadai di rumah.

Hansaplast menyarankan beberapa item yang sebaiknya selalu ada di First Aid Box Anda.

  1. Masker
  2. Pembersih tangan (hand sanitizer)
  3. Sarung tangan latex (sekali pakai)
  4. Gunting
  5. Pinset
  6. Termometer
  7. Obat tetes mata
  8. Obat batuk
  9. Obat-obatan lainnya seperti untuk sakit kepala atau pun flu
  10. Hansaplast Spray Antiseptik
  11. Plester Hansaplast
  12. Salep Luka Hansaplast
  13. Kasa steril Hansaplast

Adisaputra menambahkan, saat ini masih banyak orang yang belum memahami pentingnya First Aid Box dan cara merawat luka yang tepat. Padahal, luka sekecil apapun tidak boleh dianggap remeh dan harus dirawat dengan tepat untuk mencegah terjadinya infeksi.

“Dengan memiliki pengetahuan tentang cara merawat luka yang tepat dan memiliki perlengkapan Pertolongan Pertama yang memadai, maka penanganan luka yang baik dan tepat bisa dilakukan sedini mungkin,” ujarnya