Peritel Muji di AS Bangkrut

PinkKorset.com – Peritel Muji di Amerika Serikat mengajukan klaim bangkrut setelah 18 gerainya tutup sejak Maret karena pandemi COVID-19.

Muji U.S.A Ltd., mengajukan kebangkrutan Chapter 11 di Pengadilan Negara Bagian Delaware. Peritel asal Jepang itu meminta perlindungan pemerintah sembari memindahkan penjualan secara online.

Muji saat ini memiliki utang sebesar Rp928 miliar. Sebagai salah satu langkah untuk meminimalisasi dampak kebangkrutan, manajemen mengumumkan rencana restrukturisasi dalam 180 hari, termasuk penutupan toko.

“Saya pribadi akan mewujudkan restrukturisasi di Amerika Serikat,” kata Presiden Ryohin Keikaku Satoru Matsuzaki, seperti dilansir Nikkei Asian Review.

Tidak semua gerai Muji akan ditutup. Satoru memastikan hanya sedikit toko yang berhenti beroperasi karena situasi yang tak menguntungkan ini. Adapun mayoritas gerai Muji berada di Tiongkok, mencapai 273 toko, dibandingkan hanya 18 di Amerika Serikat.

Lokasi penjualan di AS diduga menjadi beban bagi perusahaan. Misalnya, di New York, Muji memiliki toko di kawasan Times Square dan 5th Avenue yang biaya sewanya sangat tinggi. Tahun lalu perusahaan melakukan negosiasi dengan pemilik lokasi untuk menurunkan biaya sewa, tetapi tidak ada kesepakatan yang dicapai.

Selain itu, produknya yang minimalis dan sederhana mudah dipalsukan, sehingga memicu banyak produk tiruan yang lebih murah dan tentu melemahkan penjualan barang asli.

Belum Ada Berita Terkait