Peta Terbaru Bulan Amat Detil dan Indah NASA/GSFC/USGS

Peta Terbaru Bulan Amat Detil dan Indah

PinkKorset.com, Jakarta – Manusia pertama menginjakkan kakinya di bulan lebih dari 50 tahun lalu. Namun baru kali ini muncul versi detil dari peta satelit Bumi tersebut dan sangat indah dilihat.

Untuk pertama kalinya, akhirnya permukaan bulan dipetakan sepenuhnya dalam gambar yang dibagi oleh badan geologi Amerika Serikat (USGS). Ilmuwan dari Astrogeology Science Center di USGS berkolaborasi dengan badan antariksa AS (NASA) dan Lunar Planetary Institute.

 

View this post on Instagram

 

Have you ever been curious about those bright and dark splotches you see when you look up at a full moon? Well, they tell the 4.5-billion-year-old story of our nearest neighbor in space, and USGS has just released a new authoritative map piecing together the history of the Moon’s surface. The new map will serve as the blueprint of the lunar surface that can be used for future human missions to the moon. It also provides a useful resource for the international scientific community, educators and the public who are interested in lunar geology. For more information about the map, check out the “Unified Geologic Map of the Moon” website: http://ow.ly/OEmp50zgsEG #USGS #science #moon #lunar #geologic

A post shared by U.S. Geological Survey (USGS) (@usgs) on

Sedetil apa sih peta tersebut? Untuk membuatnya, ilmuwan mengumpulkan hasil kerja keras selama satu dekade dari berbagai misi. Mulai misi dengan awal, termasuk peta yang dikumpulkan dari enam misi Apollo, hingga data satelit yang baru-baru ini digunakan untuk menggambar ulang bulan.

USGS mencatat, peta baru ini mengubah apa yang selama ini kita ketahui karena memberi gambaran tunggal mengenai statigrafi atau lapisan batu di bulan. Sehingga, memecahkan masalah peta yang tidak konsisten seperti yang selama ini dihadapi.

“Ini adalah kulminasi proyek selama satu dekade. Peta ini memberikan informasi penting untuk studi ilmiah selanjutnya dengan menghubungkan eksplorasi situs tertentu di bulan dengan seluruh permukaannya,” kata Corey Fortezzo, geologis dan penulis laporan dari USGS.

Peta indah ini sudah bisa diakses di internet dengan skala satu bandung lima juta. Cukup keren untuk Anda jadikan foto background ponsel maupun laptop, sehingga momen melankolis sambil menatap sang bulan bisa dilakukan dalam detil yang luar biasa.