Pilihan Aplikasi untuk Silaturahmi Virtual [DailyExpress]

Pilihan Aplikasi untuk Silaturahmi Virtual

PinkKorset.com – Panggilan video menjadi cara efektif untuk bersilaturahmi virtual dengan kerabat dan sahabat pada momen Lebaran tahun ini.

Lebaran kali ini memang terasa jauh berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya Lebaran menjadi momen untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar dan mengunjungi kerabat serta sahabat, maka kebiasaan tersebut tidak bisa kita lakukan demi mencegah penyebaran wabah COVID-19.

Teknologi pun bisa dimanfaatkan untuk menyambung tali silaturahmi. Meski jarak memisahkan, Anda bisa merakan kehangatan keluarga dan keakraban sahabat melalui platform panggilan video yang dapat memfasilitasi banyak orang sekaligus tanpa batas waktu dan biaya.

Berikut beberapa aplikasi video tatap muka yang bisa menjadi pilihan untuk melepas rindu pada keluarga besar pada momen hari Kemenangan nanti:

WhatsApp

Siapa yang tidak kenal WhatsApp. Aplikasi ini sudah sangat dikenal sebagian besar pengguna smartphone. Selain untuk berkirim pesan teks atau menelepon, aplikasi messenger ini juga menyediakan fitur video call. Kini,WhatsApp sudah menambah jumlah peserta video call conference hingga 50 orang sekaligus dalam sekali panggilan video. Untuk menikmati fitur ini, unduh dulu aplikasi WhatsApp beta versi 2.20.163.

Google Duo

Google Duo bisa jadi pilihan lain untuk tetap bisa bersilaturahmi secara digital bersama keluarga. Google baru saja meningkatkan jumlah peserta dalam panggilan videonya menjadi 12 orang. Pengguna smartphone android diuntungkan, karena aplikasi Google sudah terpasang otomatis di smartphone Android, sehingga tidak perlu lagi mengunduhnya.

Google Hangouts

Aplikasi ini sebenarnya bisa dipakai untuk video call hingga 250 orang melalui smartphone atau website. Namun, Google masih menggratiskan layanannya hingga September 2020 untuk kapasitas 16 orang. Untuk mengakses layanan ini melalui ponsel, unduh dulu aplikasi Google Hangouts Meet. Jika mengakses lewat website, Anda perlu masuk ke situs Google Meet.

Messenger

Messenger juga bisa menjadi alternatif untuk bersilaturahmi virtual lewat smartphone. Fitur terbaru Messenger Room di aplikasi ini memungkinkan Anda membuat panggilan video secara gratis hingga maksimal 50 orang. Saat ini, Facebook, perusahaan pembuatnya, terus melakukan pembenahan sehingga mungkin belum semua pengguna bisa menikmati layanan video call dalam jumlah banyak.

LINE Group Call

Aplikasi messenger LINE yang banyak dipakai oleh para pengguna muda, juga menyediakan fitur video call. Anda bisa memanfaatkan fitur LINE Group Call yang untuk kumpul bareng secara daring hingga 200 orang secara bersamaan. Jadi saat Anda tidak bisa mudik untuk berlebaran dan bersilaturahmi dengan kerabat di kampung, LINE Group Call ini dapat menjadi solusinya. Selain untuk perangkat mobile, Anda juga dapat mengaksesnya dari komputer.


OPPO Indonesia.jpg

Saat bersilaturahmi virtual dalam waktu cukup lama, Anda tentu memerlukan perangkat mobile dengan smart features dan baterai berkapasitas besar. Perangkat OPPO Reno3 Series dan lini A Series bisa menjadi pilihan ideal agar keriaan momen lebaran tercipta tanpa gangguan.

Perangkat OPPO Reno3 dan OPPO Reno3 Pro dapat mendukung momen silaturahmi lebih berwarna. Anda bisa mengirim foto atau video dengan kualitas gambar yang jernih dan tajam karena keduanya memiliki kamera depan dan belakang terbaik, serta perekaman video profesional.

Sementara pada lini seri A, Anda bisa menggunakan OPPO A92 yang dibekali teknologi serta fitur terkini. Kapasitas baterai 5.000 mAh dan fast charging 18W akan memberi kenyamanan ketika Anda asyik melakukan video call.