Resto McDonald’s Pertama di Indonesia Tutup

PinkKorset.com – McD Sarinah Thamrin, restoran McDonald’s pertama yang berdiri di Indonesia akan tutup secara permanen mulai 10 Mei 2020.

Restoran cepat saji asal Amerika Serikat McDonald’s yang berlokasi di pusat perbelanjaan Sarinah, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat akan ditutup setelah 30 tahun beroperasi.

“Secara resmi, McDonald’s akan menutup restoran di Sarinah Thamrin tersebut secara permanen pada hari Minggu, 10 Mei 2020 pukul 22.05 WIB,” kata Direktur Marketing Communications, Digital dan CBI McDonald’s Indonesia, Michael Hartono, Kamis (7/5).

Penutupan restoran McD pertama di Indonesia itu dilakukan atas permintaan dari manajamen gedung Sarinah.  Menurut Michael, pihak manajemen pusat perbelanjaan itu akan melakukan renovasi dan perubahan strategi bisnis.

Michael menyatakan bahwa McDonald’s Indonesia mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua konsumen. Dia mengamini ada begitu banyak kenangan sejak gerai McDonald’s dibuka di Sarinah.

“Kami menyadari restoran McDonald’s di Sarinah Thamrin ini merupakan salah satu restoran kami yang penting dan sangat bersejarah. Tidak hanya bagi kami, namun juga bagi konsumen kami. Bukan hanya karena lokasinya yang strategis, namun juga karena banyak kenangan yang tercipta di sana,” ujarnya.

Michael mengatakan seluruh karyawan yang bekerja di McDonald’s Sarinah tidak diberhentikan, melainkan dipindahkan ke berbagai gerai lainnya. Sebagai alternatif, ia menyebutkan bebrapa gerai McDonald’s lain yang dekat dengan kawasan Sarinah, yakni McDonald’s Hayam Wuruk, Raden Saleh, Cideng dan Central Plaza.

Seperti diketahui, McDonald’s membuka gerainya di Indonesia pada 14 Februari 1991 di gedung Sarinah Thamrin. Sejak 2009, lisensi McDonald’s Indonesia dimiliki oleh PT Rekso Nasional Food (RNF), salah satu anak perusahaan Rekso Group. Sempat dipindah pada 2009, namun kembali ke Sarinah pada 2011 lewat proses tender

Hingga saat ini, McDonald’s sudah memiliki sekitar 227 restoran yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.