Survei Agoda: 78% Wisatawan Indonesia Siap Berlibur

PinkKorset.com – Delapan dari sepuluh wisatawan Indonesia sudah bersiap dan berencana pergi berlibur.

Menurut hasil survei GoLocal Domestic Travel untuk platform perjalanan digital Agoda, 78% masyarakat Indonesia siap berwisata kembali, dengan 76% atau lebih dari tiga perempatnya ingin mengunjungi dan lebih jauh menjelajah destinasi lokal. Angka ini juga secara signifikan lebih tinggi dibandingkan rata-rata global sebesar 65%.

Ya. Sebagian besar responden siap menjelajah kepulauan Indonesia dalam 12 bulan ke depan dan sangat bersemangat mengunjungi destinasi lokal – pasar terbesar kedua setelah Vietnam.  Bali menjadi tujuan wisata lokal teratas, diikuti Jakarta dan Yogyakarta.

Berwisata sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat, dan mereka memiliki keinginan besar untuk kembali melakukannya. Namun, ada beberapa perubahan dalam tujuan dan cara orang bepergian.

Survei GoLocal Domestic Travel Agoda menunjukkan adanya pergeseran tren, dari wisata luar negeri ke wisata domestik, karena beberapa negara masih menutup perbatasannya. Secara keseluruhan, sebanyak 65% wisatawan ingin mengunjungi destinasi lokal dalam satu tahun ke depan, dengan wisatawan Vietnam (87%) tercatat paling ingin bepergian, diikuti Indonesia (76%) dan Amerika Serikat (74%).

Jarak Perjalanan

Pada era baru wisata saat ini, survei menemukan bahwa 44% wisatawan Indonesia paling nyaman bepergian dengan durasi perjalanan maksimum tiga hingga empat jam, dibandingkan dengan 46% rata-rata wisatawan dunia. Sementara 36% wisatawan memilih melakukan perjalanan selama dua jam, 15% memilih lima hingga delapan jam, dan hanya 6% yang bersedia bepergian dengan perjalanan di atas delapan jam. Mengemudi kendaraan pribadi menjadi transportasi pilihan bagi 24% wisatawan Indonesia, dengan penerbangan menjadi pilihan teratas (57%), sejalan dengan data global.

Go Local and Explore

Entah di surga Bali atau kota budaya Yogyakarta, dua destinasi terpopuler bagi wisatawan Indonesia, para wisatawan bisa memuaskan keinginan berlibur dengan mengeksplorasi ‘pekarangan’ mereka sendiri. Destinasi pilihan teratas bagi wisatawan Indonesia untuk petualangan mereka selanjutnya adalah pantai, pedesaan, alam dan perkotaan.

Gede Gunawan, Country Director Agoda untuk Indonesia mengatakan, “Keinginan masyarakat Indonesia untuk berwisata tidak menyusut. Mereka masih bersemangat menjelajah kepulauan kami yang sangat beragam. Alasan utama mereka berwisata adalah mencari ketenangan dan relaksasi, menikmati kuliner, hingga mengunjungi destinasi terkenal, semuanya ada di Indonesia. Entah menjelajah alam, berjemur di pantai-pantai yang cantik atau menikmati aneka kuliner setempat, semuanya ada di wilayah negara kami. Ada begitu banyak permata tersembunyi yang mudah dijangkau dengan penerbangan jarak dekat, naik kereta atau mengemudi,” ujarnya.

 

Informasi Perjalanan Lebih Lanjut

Pilihan Menginap

  • Semua suka memanjakan diri saat liburan. Untuk wisatawan Indonesia, hotel bintang empat dan lima ada di pilihan teratas untuk akomodasi, diikuti dengan resort.
  • Sementara fasilitas yang paling dicari wisatawan Indonesia adalah kamar mandi pribadi, hiburan in-house, tempat untuk berkumpul dan kolam renang pribadi.

 Pilihan transportasi

  • 44% dari wisatawan Indonesia paling nyaman bepergian dengan durasi 3 – 4 jam, diikuti 2 jam atau bahkan kurang sebagai pilihan kedua.
  • Sesuai data global, 57% wisatawan Indonesia memilih penerbangan sebagai moda transportasi pilihan, diikuti dengan mengemudi kendaraan pribadi (24%).

 Motivasi untuk bepergian

  • 39% dari wisatawan Indonesia memilih pantai sebagai alasan utama mereka untuk bepergian, kemudian wisata alam (28%) sesuai rata-rata global.
  • Meskipun ada pembatasan atau lockdown, atau mungkin dengan alasan tersebut, wisatawan Indonesia dan wisatawan lainnya, kebanyakan mencari “ketenangan dan relaksasi, kuliner, dan destinasi terkenal untuk perjalanan mereka selanjutnya.
  • Lima tujuan wisata teratas yang ingin dikunjungi wisatawan Indonesia adalah Bali, Jakarta, Yogyakarta, Bandung dan Surabaya.