Tidak Ada Lowongan CPNS 2 Tahun Ini

PinkKorset.com – Anda yang berminat untuk menjadi pegawai negeri, tampaknya harus kecewa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo memastikan tidak ada penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) periode 2020. Akan tetapi, untuk jabatan khusus seperti Akademi Polisi dan Militer bakal tetap berjalan seperti biasa.

“Rekrutmen CPNS 2 tahun ini tidak ada, kecuali kedinasan yang terprogram seperti Akpol, Akmil, itu tetap jalan di 2021,” ujarnya di Kompleks Gedung DPR MPR RI, Jakarta, Senin (6/7/2020).

Sementara tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS formasi 2019 yang sempat tertunda karena pandemi Corona, akan dilanjutkan pada akhir Agustus 2020 hingga awal Oktober, atau setelah ujian Seleksi Sekolah Kedinasan (SKD) selesai.

Saat ini, BKN sedang membuat Surat Edaran baru terkait mekanisme lanjutan seleksi CPNS berdasarkan aturan yang dikeluarkan Menteri Kesehatan.

Untuk diketahui, seleksi CPNS formasi tahun 2019 seharusnya selesai pada Mei kemarin. Namun, karena pandemi COVID-19, SKB CPNS ditunda sampai kondisi memungkinkan. Sementara ujian SKD telah dimulai 27 Januari dan berakhir 10 Maret 2020 lalu.