Tipu-Tipu Lampu UV Portable

PinkKorset.com – Setelah memahami bagaimana cara kerja tongkat sinar UV portabel yang diklaim bisa membunuh hingga 99,9% kuman, kini ketahui apakah mereka benar-benar semumpuni iklannya atau tidak.

Deskripsi produknya sangat menarik. UV light portable dikatakan bisa melakukan sanitasi terhadap segala hal seperti barang-barang paket hingga makanan yang baru diantar ke rumah Anda. Demikian pula dengan segala ruangan seperti kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. Perangkat ini juga mudah ditemukan di e-commerce/marketplace. Sayang, banyak diantara perangkat UV light yang dijual di pasaran adalah palsu.

“Berhati-hatilah dengan klaim palsu yang mengatakan produk-produk ini efektif, atau aman digunakan pada manusia,” kata Jung-Tsung Shen, insinyur dan tenaga kesehatan di Washington University, St. Louis, Amerika Serikat (AS).

Baca sebelumnya: Cara Kerja Tongkat Sinar UV

Tongkat Ajaib? Tidak!

Ketika terjadi pandemi H1N1 pada 2009, pakar mikrobiologi memperingatkan bahwa jarak dan durasi tongkat sinar UV dipegang dari permukaan yang terinfeksi adalah hal-hal penting. Tapi permukaannya juga. Permukaan mulus seperti marmer atau kaca lebih mudah untuk didisinfeksi ketimbang kayu atau kain.

Daya membunuh kuman pada UV-C juga tergantung dosisnya. Yakni seberapa banyak energi optik yang dihasilkan, jarak dari sumber, dan waktu eksposur. Demikian diungkapkan Christian Zollner, ilmuwan materi di University of California, Santa Barbara, AS. Belum lagi model tongkat yang menggunakan LED dinilai Zollner kurang efisien untuk disinfeksi. Instruksi dari tongkat UV hanya memberikan sedikit petunjuk untuk waktu disinfeksi. Ada yang bilang diletakkan lima centimeter dari permukaan selama 10 detik, ada pula yang menyatakan setidaknya 30 detik.

Penasaran, Shen membeli sinar UV portabel yang tak memiliki instruksi cara menggunakan. Hanya terdapat tiga chip UV-C yang ditenagai baterai AA, perangkat ini membutuhkan beberapa detik untuk disinfeksi permukaan apapun. “Mereka dengan sengaja tidak menyebutkan bahwa alat ini tidak efektif. Jika disebutkan harus dipegang selama 30 menit, takkan ada yang mau beli,” katanya.

Baca selanjutnya: Apakah Lampu UV Portable Sudah Teruji?