Tokoh Film Ini Nyata atau Mitos?

PinkKorset.com – The Old Guard yang saat ini sedang tayang di Netflix dan mencuri perhatian penikmat film menampilkan karakter bernama Andromache sebagai tokoh sentralnya. Benarkah dia ada ataukah hanya sekadar mitos?

Diangkat dari buku komik karya Greg Rucka, The Old Guard adalah film mengenai sekelompok pahlawan super yang immortal alias tidak bisa mati. Pemimpinnya adalah perempuan bernama Andromache of Scythia (Charlize Theron) dan biasa dipanggil Andy.

Ia ditemani oleh Booker (Matthias Schoenaerts), Nicky (Luca Marinelli), dan Joe (Marwan Kenzari). Hingga satu hari, muncul satu orang lagi yang kemudian bergabung dengan kelompok ini yakni Nile Freeman (Kiki Layne) seorang personil marinir Amerika Serikat.

Namanya saja sudah memberi petunjuk asal Andy. Dalam mitologi Yunani, Andromache adalah Putri Thebe dan istri Pangeran Hector dari Troya. Pangeran Hector adalah saudara dari Paris, sosok yang mencuri hati Helen dari Sparta, menjadikannya Helen dari Troya dan memulai perang legendaris.

Iliad karya Homer mengungkap kisah Hector. Setelah selamat dari duel melawan para pahlawan seperti Protesilaus dan Ajax, Hector dibunuh oleh Achilles dalam perang. Tubuhnya kemudian dikembalikan ke ayahnya, membuat Yunani dan Troya berdamai untuk sementara sehingga orang Troya bisa menguburkan dan berduka untuk Hector.

Andromache menderita selama perang. Achilles juga membunuh ayah dan saudara-saudara lelakinya. Setelah peristiwa kuda Troya yang menghancurkan kota itu, putra Andromache dilempar dari dinding kota hingga tewas. Semua keluarganya tewas dan seperti perempuan Troya lainnya, Andromache dijadikan budak untuk penguasa Yunani, Neoptolomus.

Tapi bukan hanya itu sosok Andromache dari mitologi klasik. Ada seorang perempuan dari Suku Amazon yang memiliki nama sama. Tak banyak yang ditemukan tentang Andromache ini, namun ia dikisahkan berduel melawan Heracles. Nama Andromache berarti ‘pejuang manusia’, sebuah nama yang hebat untuk anggota Suku Amazon dan pahlawan super komik.

Lalu, berapa usia Andy? Scythia adalah orang-orang kuno Siberia. Arkeolog meyakini kelompok ini memiliki banyak pejuang perempuan dan mungkin inspirasi Suku Amazon. Meski di film tidak diungkapkan secara jelas, di komik Andy mengatakan ia berusia 6.732 tahun. Menariknya, usia itu berarti ia lebih tua dari Scythia dan Yunani Kuno yang hanya 3000-an tahun.

Komikus Greg Rucka tidak menggambarkan Andy sebagai sosok dari mitos kuno. Ia merujuk pada berbagai referensi yang relevan ketika menamai karakternya Andromache of Scythia. Orang-orang Scythia adalah petarung nomaden, seperti dalam film The Old Guard. Suku Amazon memang terkenal memiliki pejuang hebat seperti Andy dan Nile.

Yang jelas, film ini memiliki banyak penggemar di media sosial. Rotten Tomatoes meratingnya 82% fresh, nilai yang cukup oke mengingat alotnya film superhero lain melawan para karakter Marvel Cinematic Universe (MCU) atau DC. Selain akting Theron yang memberikan nyawa ke keseluruhan film.

Sutradara perempuan Gina Prince-Bythewood mendapat banyak acungan jempol karena diversity yang ditawarkan film ini, meski tidak semua elemen cocok untuk penonton Indonesia. Meskipun ratingnya R (restricted) atau penonton berusia di bawah 17 tahun harus didampingi orang tua, kami merekomendasikannya untuk penonton berusia 21 tahun ke atas.

Berbagai sumber.