Tren Wisatawan Rayakan Tahun Baru

PinkKorset.com – Setelah menjalani pembatasan untuk bepergian selama hampir setahun, para wisatawan memiliki tren baru dalam merayakan malam pergantian tahun.

Ya, Mereka memilih untuk memanjakan diri dengan menginap di akomodasi mewah pada malam Tahun Baru.

Hal tersebut terlihat dari data pemesanan di platform perjalanan digital Agoda. Disebutkan, hotel bintang 4 hingga 5 menjadi pilihan akomodasi teratas dalam menyambut tahun baru 2021 di dunia. Hotel bintang 1-3,5 berada di posisi kedua, diikuti akomodasi non-hotel di peringkat ketiga.

Tren unuk menginap di hotel mewah ini mengglobal untuk wisatawan dari beberapa negara, seperti Malaysia, Korea Selatan, Filipina Singapura, Vietnam, dan Inggris.

Kendati demikian, Taiwan, Thailand dan Amerika Serikat masih memfavoritkan hotel bintang 1 hingga 3,5 sebagai pilihan mereka.

Errol Cooke, Vice President, Partner Services, Agoda mengatakan, meskipun tahun 2020 mungkin sudah mengubah rencana banyak wisatawan, data Agoda yang menunjukkan bahwa hotel bintang 4 hingga 5 adalah yang paling populer untuk pemesanan kamar di Malam Tahun Baru, “Hal ini menunjukkan bahwa ada keinginan besar dari wisatawan untuk memanjakan diri dan dengan optimis memasuki tahun yang baru dengan penuh gaya,” ujarnya.

Tren Wisatawan Rayakan Tahun Baru

Source: Agoda

Tahun ini, wisatawan juga menantikan untuk berwisata dan mengeksplor destinasi yang lebih beragam dibandingkan tahun 2019.

Destinasi pantai dan kota di pesisir, seperti Miami Beach (AS), Langkawi (Malaysia), Quy Nhon (Vietnam), Yeosu-si (Korea), serta tempat-tempat yang dikenal karena keindahan alamnya seperti Cameron Highlands (Malaysia), Hua Lien (Taiwan), Laguna (Filipina) dan Sapa (Vietnam) naik ke peringkat 10 teratas destinasi domestik di pasar masing-masing untuk staycation di Malam Tahun Baru ini.

“Kami berbesar hati melihat wisatawan tidak membiarkan pandemi mengurangi semangat berwisata mereka dan juga menghabiskan Tahun Baru dengan mengeskplorasi destinasi domestik yang jarang dikunjungi sehingga mendukung komunitas wisata lokal di area mereka,” imbuh Errol.

Bagaimana dengan Indonesia?

Dibandingkan tahun 2019, wisatawan Indonesia kebanyakan memesan kamar hotel bintang 4 hingga 5 sebagai pilihan mereka, menempatkan hotel bintang 1 hingga 3,5 di posisi kedua.

Wisatawan Indonesia juga mengunjungi pantai-pantai di Makassar yang belum banyak dikunjungi orang lalu Kebun Raya di Bogor, Jawa Barat. Sementara Batam dan Tangerang tidak lagi berada di 10 destinasi teratas untuk perayaan Malam Tahun Baru kali ini.

Belum Ada Berita Terkait