Agoda Ungkap Destinasi Favorit Rayakan Imlek

PinkKorset.com – Merayakan tahun baru imlek kali ini, kemana para wisatawan akan berlibur?

Tahun Baru Imlek adalah salah satu periode wisata tahunan terbesar untuk wisatawan Asia Pasifik. Namun, pascapandemi COVID-19 ini, Agoda menemukan adanya perubahan pola perjalanan pada para wisatawan. Apa saja?

  1. Destinasi domestik jadi pilihan

Kali ini, wisatawan memilih destinasi di daerah terpencil serta mengunjungi kembali tempat-tempat wisata lama.

Mengingat banyaknya perbatasan internasional yang ditutup, destinasi domestik harus siap menjadi tujuan wisata. Kota-kota seperti Xian (China), Medan (Indonesia) dan Langkawi (Malaysia) untuk pertama kalinya masuk ke dalam daftar 8 tujuan wisata domestik yang menunggu untuk dijelajahi di libur Tahun Baru Imlek.

Di Indonesia, orang ‘lari’ dari pusat kota, dengan posisi Jakarta merosot ke posisi #4. Mereka beralih ke destinasi yang lebih menenangkan seperti Bandung (#1), Puncak (#7) serta Kota budaya Medan yang juga menawarkan pemandangan alam indah naik ke posisi #5, menggeser posisi Malang di tahun ini.

Data ini diperoleh berdasarkan data pencarian Agoda yang dikumpulkan pada 10 Januari 2021, dibandingkan dengan tanggal check in hari pertama Tahun Baru Imlek pada tanggal 25 Januari 2020 dan 12 Februari 2021.

  1. Berlibur bersama keluarga

Dilihat dari tipe wisatawan, maka wisatawan keluarga atau grup menjadi kelompok yang paling ingin bepergian saat imlek. Tidak heran mengingat banyak orang yang merencanakan untuk merayakan Tahun Baru Imlek dengan orang-orang terdekat.

Traveler dari Thailand dan Indonesia memfokuskan untuk lebih banyak berwisata dengan keluarga dan teman di tahun ini, menyalip posisi pasangan sebagai top traveler type dibandingkan tahun lalu.

Sedangkan wisatawan pasangan menggantikan posisi wisatawan keluarga atau grup sebagai traveler Imlek terpopuler di China tahun ini, dan terus mendominasi posisi teratas untuk Jepang dan Filipina. Di Jepang, solo traveler tetap menempati posisi terpopuler nomor dua.

  1. Wisatawan manjakan diri dengan meng-upgrade fasilitas

Merayakan datangnya tahun baru kerbau logam, beberapa traveler memanjakan diri dengan menginap di tempat yang lebih mewah.

Traveler dari Malaysia, Indonesia dan Vietnam memanfaatkan penawaran besar untuk mengupgrade penginapan mereka dari bintang 1- 3,5 ke akomodasi bintang 4-5 untuk merayakan tahun baru ini, sementara traveler dari China tetap memilih menginap di akomodasi mewah.

Selain hotel, terlihat juga kenaikan dalam tren pencarian dan pemesanan untuk Agoda Homes seperti service apartment, hunian unik, vila dan resort yang menawarkan lebih banyak fasilitas dengan kenyamanan rumah seperti dapur, ruang tamu dan kamar tidur. Akomodasi non-hotel ini menjadi pilihan yang lebih populer di kalangan traveler dari Indonesia, Malaysia, Taiwan dan Vietnam.

imlek

Timothy Hughes, Vice President Corporate Development mengatakan, traveler di Asia membuktikan ketahanan dan kekuatan mereka di Tahun Baru Imlek ini melalui semangat untuk berwisata dan mengunjungi banyak destinasi domestik. “Hal ini sama seperti gambaran Kerbau Logam pada zodiak China,” ujarnya.

Sebelum pandemi, lanjutnya, data Agoda menunjukkan bahwa pantai dan pedesaan jadi destinasi yang lebih populer dibandingkan kota besar dan destinasi yang menguras energi mereka.

Berbeda dengan kondisi saat ini, dimana orang ingin menghargai kerja keras dan ketahanan mereka dengan mengupgrade penginapan di area kelas atas, baik itu di pantai seperti Phu Quoc (Vietnam) atau Boracay Island (Filipina), pegunungan seperti Khao Yai (Thailand) dan Chiayi (Taiwan), atau destinasi budaya dan sejarah seperti Xian (China).

tahun baru imlek

Untuk menyambut liburan imlek ini, Agoda  memberikan promo Lunar New Year Sale.

Wisatawan di Kamboja, Indonesia, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, dan Vietnam bisa mendapatkan diskon hingga 80% untuk berbagai tipe akomodasi. Periode pemesanan mulai 28 Januari hingga 16 Februari 2021 dengan masa menginap pada 28 Januari – 30 April 2021.