Akibat Memakai Headphone Terlalu Lama [pexels]

Akibat Memakai Headphone Terlalu Lama

PinkKorset.com – Memakai headphone terlalu lama bisa menyebabkan gangguan. Apa saja bahaya menggunakan headphone terlalu lama yang wajib Anda ketahui?

Amannya, Anda perlu mengingat aturan 60-60 dalam menggunakan headphone. Artinya, volume 60% untuk 60 menit penggunaan adalah batas aman. Saat Anda memutuskan untuk melanggar aturan ini, ada efek yang dirasakan seperti perasaan berputar, mual dan bahkan gangguan tidur. Ini hanya beberapa efek yang dirasakan tubuh ketika Anda menggunakan headphone terlalu lama dan terlalu sering.

Apa saja efek lainnya?

Pusing akibat kompresi atau compression headache yang terjadi akibat tekanan terlalu lama pada kepala yang harusnya tidak terjadi secara alami. Akibatnya, kulit kepala dan telinga bagian dalam mengalami tekanan dan kita akan menderita sakit kepala. Jika Anda sering mengalami migren, menggunakan headphone terlalu lama juga bisa memicunya.

Anda juga berpotensi menderita kelainan pada pendengaran. Menurut sains, orang berusia 30-an tahun umumnya bisa mendengar gelombang suara 17-kilohertz. Artinya, bisa mendengar suara nyamuk yang mendekat. Namun faktanya, semakin banyak orang berusia lebih muda tak bisa mendengarnya. Kita hanya memiliki 15 ribu sel pendengaran saat lahir dan begitu kehilangan, kita tak bisa memulihkannya. Ilmuwan mengaitkan kehilangan sel pendengaran ini dengan seringnya menggunakan headphone.

Sering menggunakan earphone terbukti menghambat keluarnya kotoran telinga secara alami. Telinga pun selalu terasa tersumbat dan akhirnya bisa menyebabkan infeksi pendengaran. Earphone seperti cotton bud yang malah mendorong kotoran ke dalam telinga, menyebabkan sakit telinga dan pusing.

Pernah mendengar vertigo? Vertigo adalah sensasi berputar seperti kehilangan keseimbangan atau ilusi pergerakan yang sebenarnya tidak terjadi. Kadang, mual dan pusing menyertai vertigo. Ini terhadi saat telinga tersumbat oleh penggunaan earbud yang menghambat suara. Faktor lain yang memicu vertigo adalah mendengarkan musik dalam volume tinggi. Saat meletakkan benda kecil ke dalam telinga, kita sebenarnya memicu syaraf dalam dan menciptakan tekanan yang tidak alami.

Overdosis dalam menggunakan earphone juga menyebabkan sensasi yang dikenal dengan istilah tinnitus. Ini adalah suara-suara seperti berdering, klik, mendengung, berdesis atau bahkan seperti jeritan dalam telinga ketika suasana sedang sepi dan Anda tengah beristirahat. Sensasi ini tak memiliki obat tapi ilmuwan yakin bisa mudah dicegah dengan mengurangi waktu penggunaan headphone dan menurunkan volumenya.

Pakar medis juga menyebutkan sering mengenakan headphone over-the-ear yang besar ketika sedang berolah raga atau berkeringat berarti menumpuk bakteri dan membiarkannya berkembang biak dengan subur. Akibatnya, Anda memiliki jerawat atau infeksi kulit. Belum lagi kelebihan minyak dari dalam telingat yang terakumulasi, menciptakan lahan tumbuh bagi bakteri dan menyebabkan jerawat di dalam telinga.