Destinasi Pilihan Wisatawan untuk Tahun Baru

PinkKorset.com – Menjelang perayaan pergantian tahun, wisatawan mencari pengalaman baru dalam bepergian. Apa saja destinasi pilihan mereka?

Menurut data platform perjalanan digital Agoda, kota-kota besar dan destinasi alam atau pantai berada dalam daftar para penikmat pesta yang memanfaatkan pencabutan pembatasan untuk lebih banyak bertualang dan menjelajah lebih jauh.

Di seluruh Asia, beberapa ibu kota menjadi tujuan utama yang mendominasi destinasi favorit Malam Tahun Baru. Bangkok kembali tercatat sebagai tujuan wisata utama Thailand. Demikian juga Jakarta di Indonesa, Manila di Filipina, Kuala Lumpur di Malaysia, Seoul di Korsel, Taipei di Taiwan, dan Ho Chi Minh City di Vietnam.

Untuk destinasi alam, pantai-pantai kelas dunia mendominasi seperti Goa (India #1), Bali (Indonesia), Cebu (Filipina), Pattaya (Thailand), Pulau Jeju (Korea Selatan), dan Penang (Malaysia).

Staycation di perkotaan menjadi booming. Di saat bersamaan, daya tarik pantai-pantai Asia, pemandangan yang menakjubkan, dan kebebasan di ruang terbuka membuat orang-orang terpikat ke pantai dan pegunungan. Di Vietnam, Hanoi tersingkir dari tiga besar oleh Sapa. Sementara Kuching menggeser Langkawi untuk posisi tiga besar tempat wisata di Malaysia, serta Boracay muncul di tempat kedua untuk Filipina.” kata Timothy Hughes, Vice President Corporate Development, Agoda.

Destinasi yang paling banyak dipesan pada Malam Tahun Baru

Hotel mewah untuk memanjakan diri 

Para wisatawan tahun ini juga ingin kembali memanjakan diri, setelah harus menahan diri selama periode lockdown berulang kali. Preferensi untuk hotel bintang 4-5 juga semakin kuat dengan meningkatnya jumlah wisatawan Taiwan dan Thailand yang lebih memilih hotel bintang 4-5 dibanding akomodasi bintang 1 – 3,5 untuk Malam Tahun Baru.

Hal serupa terjadi dengan Indonesia, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, dan Vietnam yang konsisten memilih hotel berbintang 4-5 untuk merayakan datangnya tahun 2022. Di India, hotel bintang 1 – 3,5 tetap populer di kalangan wisatawan, berdasarkan tren di tahun 2020.

Selain destinasi alam dan kota besar, konsumen juga ternyata mencari kemewahan dalam menyambut pergantian tahun. Banyak penawaran terbaik untuk hotel mewah berbintang 4 – 5 tersedia selama pemulihan COVID.

“Data menunjukkan wisatawan Taiwan dan Thailand memesan hotel-hotel dengan kategori bintang yang lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Serupa dengan wisatawan Indonesia, Malaysia, Filipina, Korea, dan Vietnam yang berburu kemewahan untuk mengakhiri tahun 2021 yang sangat menantang,” ujar Timothy Hughes.