Ingin Jadi Expert? Kuasai 3 Hal ini

PinkKorset.comBila ingin menjadi ahli atau expert di bidang tertentu, Anda hanya perlu menguasai tiga hal dasar ini. Apa saja? 

Seiring berkembangnya teknologi dan perubahan zaman, kemampuan manusia juga harus terus di-upgrade. Apalagi, saat ini semua orang berlomba-lomba untuk meningkatkan kemampuan serta pengetahuannya. Bukan hanya untuk mencari pekerjaan atau menentukan jurusan kuliah, namun juga penting dalam keseharian kita.

Sayangnya, sistem pendidikan di Indonesia cenderung menekankan ilmu pengetahuan (knowledge) daripada keterampilan (skill), sehingga kita terbiasa menghafal daripada mengerti konsep. Padahal, keterampilan fundamental (logika, matematika dasar, membaca, dan penalaran ilmiah) sangat penting dikuasai sebelum menguasai skill lainnya.

Menurut platform edukasi berbasis teknologi Zenius, ada tiga hal yang wajib dikuasai untuk menjadi expert. Apa saja?

  1. Fundamental Skills

Fundamental skills adalah kemampuan dasar yang sifatnya teknikal. Kemampuan ini sangat menentukan cara seseorang berpikir dan mengelola informasi. Tiga hal penting dalam kategori ini adalah:

  • Berpikir kritis: Ini adalah kemampuan untuk mencerna informasi dengan benar. Walau semua orang merasa bahwa mereka bisa berpikir, tapi tidak semua orang bisa berpikir secara logis. Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan agar kita tidak hanya berpikir menurut apa yang kita anggap benar, namun juga harus sesuai fakta.

  • Matematika dasar: Kemampuan ini lebih dari sekadar kemampuan berhitung, melainkan kemampuan berpikir yang terintegrasi dengan konsisten alias connecting the dots. Setiap harinya, kita menerima banyak informasi dan pengetahuan baru. Dengan kemampuan matematika ini, kita bisa menyambungkan setiap informasi yang kita terima dengan baik. Faktanya, orang dengan kemampuan ini memiliki performa yang lebih baik dalam pekerjaannya.

  • Logika verbal: Penguasaan bahasa selain Bahasa Ibu, terutama Bahasa Inggris, dapat membuat struktur otak kita mampu berpikir lebih kompleks. Hal ini terbukti dengan riset yang mengatakan bahwa orang dengan kemampuan bilingual cenderung memiliki IQ yang lebih tinggi.

  1. Insightful Knowledge

Terlepas dari latar belakang setiap orang yang berbeda, kemampuan ini sangat penting untuk dimiliki agar kita bisa melihat dunia sebenar-benarnya. Dengan kemampuan ini, kita tidak akan terjebak dalam mitos-mitos atau kepercayaan kuno dan mampu melihat dunia apa adanya, secara luas dengan berbagai sudut pandang.

Yang termasuk dalam kemampuan ini adalah pengetahuan sains secara umum, filsafat, sejarah, seperti asal mula manusia, bagaimana terbentuknya bumi, dan lainnya. Hal-hal semacam itu dapat memperluas pengetahuan tentang dunia. Tidak perlu mendalami insightful knowledge secara mendalam, yang terpenting adalah tahu dan mengerti. Kalau kemampuan ini sudah dikuasai, kita bisa berpikir secara objektif dan menilai suatu hal dari banyak perspektif. Kemampuan satu ini sangat berguna untuk dapat bersikap bijak, mengambil keputusan yang baik, bertemu dengan banyak orang, terlibat dalam proses demokrasi, dan lainnya.

  1. Practical Skills

Practical skills adalah kemampuan individu menguasai bidang spesifik agar berguna dan bisa berkontribusi, misalnya kemampuan di bidang komunikasi, akuntansi, dokter, dan lainnya. Untuk memiliki kemampuan ini, kita harus terlebih dahulu mengetahui minat dan keahlian kita. Dengan kemampuan ini, kita bisa mendapatkan pekerjaan ataupun berbisnis sesuai dengan ketertarikan masing-masing.

Perlu diingat, menguasai practical skills juga harus diiringi dengan fundamental skills dan insightful knowledge. Jika tidak, hasilnya akan kurang maksimal.

Bila kamu sudah menguasai ketiga pengetahuan di atas, kamu  bisa menjadi expert di suatu bidang dengan dasar cara berpikir yang benar dan cara pandang yang lebih luas.

Bila belum, jangan khawatir ataupun patah semangat, karena masih ada banyak kesempatan untuk terus belajar dan berlatih. Belajar adalah perjalanan tanpa akhir, tidak terbatas pada usia dan waktu. Yang terpenting adalah sikap dan pikiran untuk selalu terbuka akan hal-hal baru.