JULO Perluas Akses Kredit ke Sektor Perikanan

 PinkKorset.com – Turut mendukung Indonesia sebagai salah satu negara pengekspor ikan utama di dunia, JULO memperluas penyaluran akses kreditnya ke sektor perikanan.

Perusahaan fintech asal Indonesia PT. JULO Teknologi Finansial berkomitmen dalam menyediakan akses kredit yang merata kepada masyarakat underbanked. Untuk menunjang permodalan dalam sektor perikanan melalui penyediaan kredit digital, JULO bekerjasama dengan eFishery, startup industri akuakultur pertama di Indonesia yang menyediakan solusi dalam budidaya ikan dan udang secara berkelanjutan.

“Kami sangat antusias menyambut kolaborasi antara JULO dengan eFishery karena sejalan dengan visi kami untuk mendorong masyarakat Indonesia agar lebih berdaya melalui akses finansial. Dengan demikian, diharapkan kualitas hidup masyarakat dapat meningkat, orang dapat menjalankan kegiatan tanpa keterbatasan finansial, dan perekonomian Indonesia bisa semakin maju,” kata CEO & Co-founder JULO, Adrianus Hitijahubessy saat penandatanganan kerjasama secara virtual pada Senin 6 Desember 2021 kemarin.

Seperti diketahui, Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor ikan utama di dunia yang menyumbang sekitar 3% total Gross Domestic Product (GDP) Indonesia. Hal ini menunjukkan besarnya kesempatan yang dimiliki para pembudidaya untuk berkembang. Permodalan yang baik pun menjadi kunci penting.

Sayangnya, potensi perikanan ini tidak dibarengi dengan literasi dan akses keuangan yang memadai bagi UMKM perikanan Indonesia, terlihat dari banyakya masyarakat yang tergolong underbanked.

“Kurangnya akses perbankan tergambar pada indeks inklusi keuangan Indonesia yang baru mencapai 76.19% di tahun 2021. Angka tersebut menunjukkan bahwa akses perbankan masih menjadi barang asing bagi sebagian masyarakat kita dan – tidak menutup kemungkinan – termasuk rekan pembudidaya,” tambahnya.

eFishery mengakui hingga kini pembudidaya sulit mendapatkan akses permodalan karena usahanya dianggap memiliki risiko yang tinggi dan tidak pasti. Hal inilah yang mendasari pihaknya mendirikan ekosistem akuakultur yang terintegrasi sehingga pembudidaya ikan dapat terhubung langsung dengan institusi finansial.

“Saat ini lebih dari 6.000 pembudidaya ikan di seluruh Indonesia telah merasakan dampak positif dari ekosistem yang kami bangun. Didasari dari keinginan bersama untuk Indonesia yang lebih baik, besar harapan kami agar kerja sama dengan JULO dapat berjalan dalam waktu lama,” ujar CEO & Co-founder eFishery, Gibran Huzaifah.

Melalui kerja sama ini, JULO akan mendukung fitur Kabayan (Kasih, Bayar Nanti) Express dari eFisheryFund yang menghubungkan para pembudidaya secara langsung dengan berbagai institusi finansial. Melalui fitur ini, para pembudidaya dapat membeli sarana produksi, terutama pakan ikan berbagai merek, dengan limit kredit Rp3 – Rp20 juta dari produk kredit digital JULO. Hal ini diharapkan dapat memberikan keringanan pengeluaran bagi para pembudidaya dalam kegiatan sehari-hari, terutama sebelum masa panen.