Kiat Nadia Mulya Ajak Anak Berolahraga

PinkKorset.com, Jakarta – Presenter Nadia Mulya menceritakan pengalaman soal membesarkan keempat anaknya di tengah pandemi Covid-19.

Menurutnya, pembatasan yang diberlakukan pemerintah, praktis meminimalisasi kegiatan di luar ruangan.  Padahal, aktivitas di luar ruangan merupakan salah satu solusi untuk menghindarkan anak dari pemakaian gawai secara berlebihan.

Ia menyadari bahwa perkembangan anak tidak hanya ditentukan dari kecukupan asupan nutrisi yang dikonsumsi setiap hari, tetapi juga seberapa sering mereka berolahraga.

Untuk menyiasati hal tersebut, Nadia menyusun jadwal olahraga rutin bersama anak-anaknya di rumah. “Meski pandemi, saya tetap ingin menyeimbangkan antara asupan makanan anak-anak dan energi yang dibakar melalui aktivitas fisik,” ujarnya saat berbicara dalam webinar peluncuran Milo Activ Academy, baru-baru ini.

Berbagai macam olahraga dilakukan agar anak-anak tidak bosan. Mulai dari bulutangkis, sepakbola, atau aerobik. “Waktu untuk berolahraga saya tetapkan pukul lima sore setiap harinya,”tambahnya.

Perempuan kelahiran Jakarta, 11 Februari 1980 itu pun mengaku sering mengajak anak-anaknya mengikuti olahraga yang ada di platform online, agar bisa dilakukan dengan lebih terukur dan terarah. “Olahraga melalui platform online ini bisa memberikan ide bagi orangtua agar gerakan -gerakan yang dipraktikkan tidak monoton dan menghindari cedera pada anak,” katanya.

Kendati mengajak anak-anak berolahraga di masa pandemi ini adalah tantangan bagi orangtua, Nadia menyarankan agar para orangtua dapat menjadi contoh yang baik supaya mampu memotivasi anak-anak mau aktif bergerak.

“Jika kita ingin anak-anak rajin berolahraga, kita harus melakukannya terlebih dulu. Bahkan, menjadikan olahraga sebagai rutinitas kita sehari-hari,” kata dia. “Dengan begitu, anak-anak akan mengikutinya, dan punya inisiatif sendiri untuk berolahraga tanpa harus dipaksa oleh orangtua,” ujar Nadia lagi.