PinkKorset.com

Pandemi, Perempuan Lebih Cemas

PinkKorset.com – Hidup di masa pandemi dengan tingginya risiko penularan ternyata banyak mempengaruhi para perempuan.

Riset Frontiers pada 2020 menemukan bahwa pandemi lebih banyak mempengaruhi kaum perempuan, baik yang harus bekerja di luar rumah maupun yang berada di rumah. Risiko penularan di masa pandemi membuat mereka mengalami stres dan kecemasan, karena mengkhawatirkan kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Dr. Giuseppe Iaria, Ph.D., peneliti senior dari studi tersebut mengatakan, para perempuan menunjukkan gejala yang memburuk dari waktu ke waktu, seiring periode isolasi yang lebih lama, kecemasan, depresi, kualitas tidur yang buruk, serta trauma meningkat. “Saya tidak terkejut dengan temuan ini, bahwa perempuan merasakan beban lebih selama pandemi. Mengurus keluarga dan situasi kritis selalu menjadi beban besar bagi perempuan,” ujarnya.

Temuan serupa terungkap dalam penelitian yang dilakukan University College London (UCL). Riset ini menunjukkan bahwa perempuan lebih merasakan tantangan psikologis lebih besar selama masa pandemi, dengan laporan tingkat depresi, kecemasan, kesepian yang tinggi serta tingkat kepuasan hidup dan kebahagiaan yang rendah.

Perempuan disebutkan mengalami kecemasan dan depresi masing-masing lebih tinggi 50% dan 56% daripada laki-laki, dengan kepuasan hidup lebih rendah 5%.

Memahami kekhawatiran yang dialami para perempuan, Samsung pada peringatan Hari Perempuan Internasional kemarin memperkenalkan beberapa produk elektronik rumah tangga yang diyakini dapat membebaskan mereka dari rasa cemas.

Melalui produk-produk seperti Air Dresser, Air Purifier, Jet Vacuum Cleaner dan Microwave, Samsung berkomitmen untuk menghadirkan inovasi yang canggih, bermanfaat, dan terpenting menciptakan higienitas serta imun tubuh bagi seluruh anggota keluarga.

Hendry Wijaya, Senior Product Marketing Manager Home Appliances, Samsung Electronics Indonesia mengatakan, dengan banyaknya aktivitas luar rumah yang dilakukan masyarakat, baik untuk bekerja atau beraktivitas, wajar bila timbul kekhawatiran bahwa upaya menjaga kebersihan dan imun tubuh kurang maksimal dilakukan.

Untuk itu Samsung menghadirkan inovasi untuk memberikan ketenangan diri dan juga solusi menciptakan rumah yang lebih higienis dan anggota keluarga yang sehat. Dimulai dari Samsung Air Dresser untuk mensanitasi pakaian yang dikenakan sehari-hari, Jet Vacuum Cleaner dan Air Purifier untuk menyaring debu dan memurnikan udara yang dihirup anggota keluarga, hingga Microwave untuk mengolah makanan sehat untuk meningkatkan imun tubuh.

“Dengan kecanggihan dan kemudahan yang diberikan teknologi perangkat rumah tangga Samsung, kebersihan dan kesehatan dapat terus terjaga, tanpa mengabaikan produktivitas dan ketenangan batin. Para perempuan pun dapat terus menjalankan aktivitasnya sembari melindungi diri sendiri dan keluarga,” ujarnya.

Exit mobile version