Terapkan Hal-Hal Ini Agar Makin Produktif [entrepreneur.com]

Terapkan Hal-Hal Ini Agar Makin Produktif

PinkKorset.com – Produktivitas seringkali menjadi tolak ukur seberapa bagus kinerja Anda. Namun di masa pandemi seperti saat ini, ketika banyak orang mengalami burnout syndrome, produktivitas bisa menjadi hal yang sulit.

Produktivitas merupakan salah satu hal terpenting saat Anda memasuki dunia kerja yang keras. Siapa yang tak ingin menjadi produktif dalam segala hal. Sayangnya, kita tak selalu bisa menyelesaikan semua hal dalam daftar things-to-do. Akibatnya, kita merasa tidak puas dengan hasil kerja dan kehidupan kita secara umum.

Ketika hal tersebut terjadi, orang cenderung menyalahkan dirinya sendiri dan pada akhirnya menambah beban pikiran. Ini saatnya semua memahami bahwa diri sendiri bukanlah satu-satunya penyebab kehilangan motivasi untuk bekerja lebih keras.

Ada banyak faktor, seperti teman-teman kerja yang suka mengobrol dan membuat Anda terganggu, ponsel yang terus berbunyi atau bahkan atasan yang memberi terlalu banyak pekerjaan. Tak diragukan lagi bahwa lingkungan kerja sangat mempengaruhi produktivitas.

Beberapa penelitian sebenarnya sudah membuktikan bahwa kerja dari rumah (work from home/WFH) membuat sebagian orang lebih produktif, sehingga sebelum pandemi pun sudah banyak perusahaan menerapkan kebijakan ini.

Jika kantor Anda bukan salah satunya, ada beberapa hal yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan produktivitas di kantor.

Rapikan Meja

Meja kantor yang bersih dan rapi meningkatkan produktivitas. Tumpukan dokumen, kertas dan map hanya akan mengingatkan tentang tugas-tugas yang belum selesai. Meja yang berantakan membuat Anda merasa kebingungan dan kehilangan motivasi sekaligus produktivitas! Cukup letakkan barang-barang yang sekiranya diperlukan untuk tugas yang sedang dikerjakan dan jangan berusaha menyelesaikan semuanya sekaligus.

Work Hard = Work Smart

John Pencavel, profesor ekonomi dari Stanford University, melakukan penelitian yang menuntunnya pada fakta mengejutkan. Para pegawai yang bekerja selama 56 jam seminggu sama produktifnya dengan mereka yang bekerja selama 70 jam seminggu. Ya, Anda bisa bekerja produktif tanpa jam kerja yang panjang. Sebelum mulai kerja, buatlah daftar hal-hal yang harus dilakukan pada hari tersebut dan pastikan tidak bekerja secara berlebihan!

Buat Prioritas

Ini adalah salah satu langkah utama untuk meningkatkan produktivitas. Tentukan tujuan-tujuan utama serta prioritas saat bekerja setiap harinya agar bisa lebih fokus. Tapi ingat, menentukan prioritas kerja berhubungan erat dengan manajemen waktu yang efektif. Jadi, aturlah waktu dengan baik!

Jangan Lupa Istirahat

Kadang orang melupakan betapa pentingnya istirahat. Bahkan, tidur singkat selama 15-30 menit saat bekerja pun merupakan hal yang wajar. Istirahat singkat seperti ini membantu mengurangi stres dan membuat Anda merasa segar kembali sebelum mulai bekerja lagi. Istirahat singkat juga dapat menghilangkan rasa frustrasi alias si pembunuh produktivitas!

Perencanaan adalah Kunci

Perencanaan akan membuat proses kerja menjadi lebih rapi dan terstruktur. Selain itu, Anda juga bisa lebih fokus saat bekerja tanpa kehilangan arah. Perencanaan sangat berguna terutama bagi Anda yang sering mendapat banyak pekerjaan yang berbeda.

Tidur Cukup

Tidur merupakan salah satu obat yang paling manjur untuk semua penyakit sekaligus penghilang rasa lelah. Dan kalau Anda belum tahu, tidur juga dapat memulihkan produktivitas yang buruk. Orang-orang yang tidur kurang dari tujuh jam sehari cenderung lebih sering sakit dan kurang produktif. Tidur yang cukup juga bisa meningkatkan motivasi untuk bekerja setiap harinya!

Lawan Rasa Malas!

Banyak aktivitas yang bisa menunda pekerjaan akibat timbulnya rasa malas, seperti keasyikan mengobrol dengan rekan kerja, menjelajah media sosial, menonton video-video di internet dan lain-lain. Semua itu adalah pembunuh produktivitas yang ampuh. Tak mudah mengatasinya jika mental Anda tidak menetapkan tujuan. Tegaslah pada diri sendiri dan jangan biarkan gangguan apapun menghambat pekerjaan.

Matikan Ponsel: Sebuah Tantangan Besar

Tahukah Anda bahwa ponsel merupakan pemicu terbesar dari penyakit menunda-nunda pekerjaan? Silent mode sekalipun masih akan mengganggu Anda dengan getarannya. Jika sudah dikejar deadline, ada baiknya mematikan ponsel dan simpan di tempat yang tersembunyi dari penglihatan Anda.

Optimis dan Positif

Selalu optimis dan positif agar suasana hati Anda baik saat bekerja, sehingga produktivitas pun meningkat. Sikap positif juga bisa memberikan pengaruh positif pada rekan-rekan kerja. Tenangkan diri dan komitmen untuk selalu bersikap positif, karena itu akan membantu performa saat bekerja!

Olahraga

Efek positif olahraga pada tubuh dan pikiran kita sudah terbukti sejak lama. Olahraga membantu menyegarkan pikiran kita kembali, tentunya ini memberikan banyak keuntungan untuk kesehatan mental dan fisik. Olahraga membantu kita fokus, tidak mudah stres, dan menciptakan pola pikir positif. Olahraga 20 menit sehari sudah cukup menjadi pendorong yang bagus untuk meningkatkan produktivitas. Selain gerak tubuh, mengonsumsi makanan sehat adalah pendorong produktivitas lainnya. Ketika tubuh merasa puas dengan apa yang kita masukkan ke dalamnya, tubuh pun akan langsung bereaksi dengan meningkatkan motivasi dan produktivitas.