Tips Mudah Bikin Podcast Pakai Smartphone

PinkKorset.com – Cukup dengan smartphone, Anda pun juga bisa bikin podcast. Simak tips mudah membuat podcast dengan smartphone.

Podcast atau hasil rekaman audio yang dapat didengarkan oleh khalayak umum via internet belakangan ini menjadi tren sejak layanan streaming seperti Spotify, Tidal hingga YouTube Music dan banyak lainnya semakin menjamur. Podcast, berasal dari kata play-on-demand (POD) dan broadcast menjadi sarana kreatif untuk memberikan hiburan dan wawasan baru meskipun bentuknya audio.

Ini adalah media yang cocok untuk Anda yang suka bercerita, menyuarakan opini, atau membuat konten pengalaman diri. Merasa deskripsi tersebut sangat Anda tapi bingung mau mulai dari mana jika ingin jadi podcaster? Minder karena Anda tak memiliki modal seperti mixer dan mikrofon yang bagus?

Tak usah khawatir. Anda bisa jadi podcaster hanya bermodalkan smarthone. Berikut ini tips mudah untuk memulainya.

Tentukan Tema Pembicaraan

Siapkan script terlebih dahulu sesuai tema. Pilih topik relevan yang dapat menarik para pendengar. Cara paling mudah saat memilih topik adalah menyesuaikan dengan passion Anda. Jika topik tersebut dikuasai, maka para pendengar podcast akan menilai Anda sebagai ahli yang dapat dipercaya.

Pasang Smartphone di Posisi Tepat

Posisi smartphone saat merekam menentukan hasil dari rekaman audio. Sebaiknya letakkan dengan jarak yang cukup agar bisa menghindari volume suara hembusan angin dari mulut atau hidung. Setelah topik dan smartphone siap, jangan lupa script untuk tayangan podcast perdana. Khusus episode pembuka, buatlah perkenalan diri dan topik yang akan dibahas di podcast secara singkat dan informatif.

Rekam Suara

Saat merekam dengan menggunakan smartphone, sebaiknya matikan notifikasi. Baik sendiri, berdua, maupun beramai-ramai, terpenting adalah topik pembicaraan seru dan hasil rekaman jelas. Buatlah script untuk tayangan podcast sesuai dengan durasi yang diinginkan, biasanya antara 20 hingga 60 menit. Lakukan improvisasi dari script agar podcast terdengar alami, bukan sekadar membaca teks.

Sunting dan Unggah

Gunakan aplikasi penyunting suara seperti Audacity. Tambahkan keterangan dan deskripsi untuk masing-masing episode podcast. Buatlah rangkuman singkat untuk menjelaskan topik di episode tersebut, lalu beri cover atau sampul menarik. Audio file bisa dipublikasikan dengan layanan third-party seperti Anchor.fm untuk mengunggah tayangan podcast ke berbagai platform media digital seperti Spotify, SoundCloud, atau YouTube.

Pilih Smartphone Andal

Spesifikasi smartphone juga harus diperhatikan untuk membuat podcast. Salah satu yang kami rekomendasikan adalah OPPO Reno6 yang memiliki RAM 8GB LPDDR4X serta ROM 128GB UFS 2.1. Smartphone ini juga dipasangi teknologi RAM Expansion untuk memperluas kapasitas memori sehingga mencukupi untuk menyimpan rekaman suara podcast. Baterainya pun berdaya besar yakni 5000mAh sehingga bisa menyala lebih lama untuk membuat konten podcast. Teknologi Dolby Atmos menghasilkan kualitas suara lebih baik.

Selamat mencoba!

Belum Ada Berita Terkait