5 Universitas Terbaik di Korea Selatan

PinkKorset.com – Korea Selatan tidak hanya dikenal dengan K-Pop dan K-Dramanya, namun juga dalam hal pendidikan.

Menurut Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2018, Korea Selatan menempati peringkat ke-7 dengan perolehan skor pada kompetensi Membaca, Matematika, dan Sains masing-masing 514, 526, dan 519. Angka ini cukup jauh dibandingkan Indonesia yang berada di peringkat ke-74 dari 79 negara, dengan perolehan skor PISA untuk Membaca, Matematika, dan Sains adalah 371, 379, dan 396.

Dengan taraf kualitas pendidikan yang tinggi ini, tak heran bila banyak pelajar di Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di Korea Selatan. Lalu, universitas apa yang bagus?

Platform pendidikan berbasis teknologi Zenius telah merangkum lima universitas terbaik di Negeri Ginseng, seperti dilansir dari Times Higher Education World University Rankings tahun 2022.

  1. Seoul National University (SNU)

Para pecinta K-Drama tentu sudah tidak asing dengan SNU, universitas paling bergengsi dan dengan tingkat persaingan sangat ketat. Sesuai namanya, universitas ini terletak di ibu kota Korea Selatan, Seoul. Letaknya yang strategis serta berbagai kerjasama yang dijalin di tingkat internasional menjadikan SNU menarik perhatian banyak orang.

Universitas ini memiliki 16 perguruan tinggi, sekolah pascasarjana, dan 10 sekolah pascasarjana profesional dengan ratusan program sarjana, pascasarjana, dan PhD. Jaringan alumni SNU merupakan yang terkuat di Korea Selatan, sehingga akan memudahkan perjalanan karir alumni ke depannya.

  1. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

KAIST menjadi universitas pertama dengan fokus pada sains dan teknologi. KAIST hingga kini telah menghasilkan berbagai penemuan teknologi, mulai yang canggih hingga barang elektronik kebutuhan sehari-hari.

Berlokasi di pusat kota Daejeon, KAIST menerapkan sistem penerimaan tanpa tes, melainkan berdasarkan nilai, surat rekomendasi dari guru, dan pernyataan pribadi. Tidak perlu khawatir soal bahasa karena lebih dari 80 persen kelas di KAIST dibawakan dalam bahasa Inggris.

Korea

  1. Sungkyunkwan University (SKKU)

SKKU menjadi universitas pertama di Korea Selatan yang menawarkan kelas MBA dalam Bahasa Inggris secara penuh. Universitas terbaik ketiga ini terbagi menjadi dua, kampus di Seoul untuk Ilmu Sosial dan Humaniora, sedangkan kampus di Suwon untuk Ilmu Sains.

Sebagai universitas tertua yang telah berdiri sejak era Dinasti Joseon, SKKU telah menghasilkan banyak alumni yang terkenal, seperti Song Joong Ki, Cha Eun Woo, dan Krystal Jung.

  1. Yonsei University (Kampus Seoul)

Universitas Yonsei merupakan universitas kristen swasta yang berlokasi di Seoul, Wonju, dan Songdo. Universitas Yonsei tergabung dalam SKY Universities, yaitu julukan bagi tiga universitas paling bergengsi di Korea Selatan bersama SNU dan Korea University.

Banyaknya mahasiswa dari negara lain membuat Yonsei mengadakan tiga program khusus yang bisa dipilih para mahasiswa internasional, yaitu Yonsei International Summer School, Winter Abroad at Yonsei, dan Study Abroad at Yonsei. Selain itu, ada lebih dari 100 klub bagi mahasiswa. Salah satu tokoh terkenal alumni universitas ini adalah Park Jin Young, pendiri JYP Entertainment.

  1. Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST)

UNIST merupakan salah satu universitas yang terbilang sangat muda, karena baru diresmikan pada tahun 2019. UNIST terletak di Ulsan, yaitu pusat industri Korea Selatan. Penelitian yang dilakukan oleh UNIST berfokus pada kemajuan sains dan teknologi. Kelas terbanyak yang dimiliki universitas ini adalah teknik, fisika, matematika, ilmu komputer, dan kelas sains lainnya.

Uniknya, seluruh kelas dibawakan dalam Bahasa Inggris, sehingga UNIST adalah satu-satunya universitas yang menerapkan Bahasa Inggris secara penuh dalam perkuliahannya.

 

Bagaimana, ada yang cocok dari dari lima universitas di atas?

Meskipun sebagian universitas ini menyampaikan materi dalam Bahasa Inggris, mempelajari Bahasa Korea dasar tetap merupakan keharusan. Terutama untuk berinteraksi dengan warga lokal, membaca petunjuk jalan, hingga memahami informasi yang disampaikan dalam Bahasa Korea.

Mempelajari bahasa asing juga memberikan beberapa keuntungan tambahan, seperti peningkatan kemampuan kognitif, perluasan wawasan dan pergaulan, menambah nilai diri, hingga terbukanya kesempatan bagi kamu untuk menambah penghasilan dengan menjadi guru.

Salah satu cara belajar Bahasa Korea adalah melalui “Zenius Live: Learn! KOREAN with BTS” yang berisi live class bersama tutor lokal dan native speaker dari Korea Selatan. Materi belajar yang digunakan diambil dari buku “Learn! KOREAN with BTS” yang dibuat berdasarkan kurikulum yang dikembangkan langsung oleh HYBE EDU.