Berinternet Lebih Aman Bersama Google

PinkKorset.com – Teknologi saat ini berkembang dengan pesatnya. Sayangnya, hal ini juga diikuti oleh tingginya tingkat kriminalitas. Google pun membagikan tips agar Anda dapat beraktivitas internet lebih aman.

Seiring berkembangnya teknologi, penjahat semakin lihai mengeksploitasi kelemahan teknologi, situasi berisiko, serta golongan orang yang rentan terhadap kejahatan ini. Perlu dipahami bahwa keamanan berinternet tidak hanya meliputi alat-alat dan teknologi, namun juga menjadi tanggung jawab bersama.

Salah satu cara paling efektif yang dapat dilakukan untuk melindungi masyarakat adalah membekali mereka melalui keterampilan dan pengetahuan menjelajah internet dengan aman.

Menurut Google, salah satu hal yang perlu diwaspadai dalam berinternet adalah Kerentanan dalam situasi berisiko.

Pernahkah Anda mendapat kabar buruk tentang salah satu anggota keluarga Anda atau kabar yang rasanya too good to be true seperti misalnya menang undian puluhan jutaan rupiah? Para penipu jenis ini biasanya pandai berkata-kata, tetapi sebenarnya mengincar sesuatu yang berharga milik Anda. Hal ini juga berlaku untuk tipu-tipu terkait hubungan percintaan.

Making every day safer with Google

Sebelum menilai apakah ini penipuan atau bukan, terapkan tiga aturan utama ini untuk mengenalinya.

1. JANGAN GEGABAH
Hati-hati dengan permintaan yang bernada mendesak. Walau hubungan percintaan Anda terjalin perlahan, permintaan uang dari penipu bisa muncul tiba-tiba. Jadi, mintalah penjelasan sebanyak dan sedetail mungkin! Cermati bila ada inkonsistensi dalam jawabnnya. Penipu tidak suka kalau Anda sangat berhati-hati.

2. PERIKSA DAHULU
Selidiki orang baru yang mendekati anda
Sering kali penipu membuat akun menggunakan foto curian dari internet. Oleh sebab itu, coba telusuri nama atau fotonya di internet untuk memverifikasi identitasnya

3. STOP! JANGAN KIRIM/BAGIKAN
Hindari gift card!
Pada momen istimewa, Anda mungkin ingin membelikan barang fisik untuk orang yang sedang mendekati Anda. Namun, kalau dia berkeras bahwa Anda sebaiknya membelikannya gift card atau mentransfer uang saja, itu biasanya penipuan.

Jagalah hati dan juga kata sandi Anda.
Membagikan kasih sayang dan kebaikan itu bagus, tapi jangan pernah membagikan sandi Anda kepada siapa pun, terutama sandi akun Google. Jika ragu-ragu, lakukan Pemeriksaan Sandi secara rutin!

Kerentanan lain yang dideteksi Google adalah terkait lansia.