Cara Nycta Gina Ajarkan Anak Berpuasa

PinkKorset.com – Banyak orang tua mengajarkan anak-anaknya berpuasa sejak dini. Bagaimana dengan aktris sekaligus presenter Nycta Gina?

Ibu dari Panutan Adhya Semesta Trinycta (6 tahun) dan Lembar Putih Trinycta (4 tahun) ini mengaku tidak pernah memaksa kedua buah hatinya untuk menjalankan ibadah puasa. Ia dan suaminya, Rizky Kinos sepakat untuk lebih memberi contoh.

“Aku tuh enggak pernah kayak menyuruh mereka (Uta dan Uti) untuk puasa. Apapun yang aku harapkan anakku lakukan, biasanya kita dulu sebagai orangtuanya yang contohin,” ujar Gina dalam konferensi pers Semangat #MenebarKebaikan Bersama MilkLife UHT Kurma di Bulan Suci Ramadhan baru-baru ini.

Menurut Gina, memperkenalkan puasa sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan anak.  Ia pun lebih memilih untuk menawarkan kedua anaknya mencoba berpuasa, ketimbang menyuruh, ”At least kita menawarkan, ayo mau coba enggak puasa, dan aku enggak pernah memaksa. Kalau mereka jawab enggak, ya sudah. Aku juga nggak biarkan mereka buka sampai maghrib, tapi boleh dari siang. Ada momen kalau mereka nggak kuat ya bisa buka. Jadi lebih ke puasa sambil bermain, tidak ada unsur memaksa,” paparnya.

Baca juga: Tips bangun silaturahmi saat ramadan dengan kopi

Nycta Gina meyakini akan lebih baik kalau anak-anak bisa berpuasa atas keinginan mereka sendiri, “Apalagi puasa bisa membuat anak-anak belajar untuk melatih kesabaran,” ucapnya.

Cara lain memperkenalkan puasa adalah dengan melibatkan anak menyiapkan menu berbuka puasa, misal bikin es buah bersama. “Mereka biasanya suka ikut nemenin bantu-bantu bikin menu buka puasa, seperti misalnya bikin es buah. Campur-campur buah atau menuang susu,” ujarnya.