Nestlé Indonesia Dukung Ibu Kerja di Bidang STEM [pxl]

Nestlé Indonesia Dukung Ibu Kerja di Bidang STEM

PinkKorset.com – Sejalan tema Hari Ibu tahun ini, “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”, Nestlé Indonesia menjunjung tinggi nilai-nilai kesetaraan gender dan percaya bahwa tidak seharusnya gender membatasi individu dalam berkarya dan berkarir. Termasuk di bidang STEM.

Sekian lama, STEM (Science, Technology, Engineering, dan Math) diyakini sebagai bidang kerjanya kaum Adam. Menurut data UNESCO, selama bertahun-tahun perempuan dan anak perempuan tidak berpartisipasi dalam bidang sains sebanyak rekan laki-laki mereka, terhitung kurang dari 30% perempuan menjadi peneliti STEM di dunia.

Di Nestlé, perempuan memegang 43,9% posisi manajerial perusahaan dan jumlah yang besar pada posisi operasional, dan angka ini terus bertumbuh setiap tahunnya. Menyadari kurangnya perwakilan wanita dalam bidang sains, Nestlé terus mendukung perempuan untuk membuka potensi mereka dalam bidang STEM, termasuk dalam menyeimbangkan kehidupan pribadi dan profesional masing-masing individu.

Nestle Indonesia

Sehingga generasi perempuan maupun anak perempuan di masa depan dapat terinspirasi untuk mengejar mimpi dalam berbagai bidang, tanpa harus merasa dibatasi karena status gender. Hal ini disampaikan oleh Presiden Direktur Nestlé Indonesia, Ganesan Ampalavanar dalam siaran pers.

“Kami percaya bahwa keberagaman dalam lingkungan kerja akan menciptakan berbagai ide, pandangan, dan inovasi yang bermanfaat untuk banyak pihak. Sains merupakan salah satu bidang yang dapat melahirkan berbagai solusi, dan kami percaya rekan-rekan perempuan di Nestlé Indonesia berperan besar juga di dalamnya,” ujarnya seperti dikutip.

Ganesan juga menyampaikan bahwa Nestlé Indonesia selalu berupaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang ramah bagi seluruh karyawan, termasuk para ibu bekerja, mulai dari kantor pusat hingga pabrik. Di kesempatan yang sama, Direktur Corporate Affairs Nestlé Indonesia, Siti Sufintri juga turut mengapresiasi para ibu bekerja.

“Menurut saya, ibu bekerja tidak hanya di kantor atau rumah, tetapi di mana pun kita berada. Terdapat ibu bekerja di dapur, laboratorium, hingga pabrik. Peran ibu di keluarga memang tidak tergantikan, tidak hanya sebagai seseorang yang merawat dan mendidik anak, tetapi ibu juga dapat menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri dalam menentukan apa yang ingin dilakukan kedepannya. Selamat Hari Ibu Nasional kepada seluruh Ibu hebat di Indonesia.”

Dalam mendukung orang tua bekerja, Nestlé mengeluarkan kebijakan Global Parental Support Policy yang merupakan kebijakan cuti melahirkan bagi Ibu dan Ayah. Nestlé Indonesia juga turut mengadopsi kebijakan tersebut, di mana Ibu berhak untuk cuti dan dapat diperpanjang hingga 30 minggu atau 7.5 bulan, sehingga Ibu mendapatkan waktu berkualitas dengan bayi yang baru lahir.

Sedangkan untuk karyawan laki-laki turut mendapatkan paternity leave sebanyak 20 hari atau 4 minggu. Selama periode cuti tersebut gaji tetap dibayarkan penuh oleh perusahaan. Selain kebijakan maternity dan paternity leave untuk mendukung ibu bekerja, Nestlé Indonesia juga telah menginisiasi berbagai program yaitu:

  • Penyediaan fasilitas ruang menyusui yang tersedia di seluruh kantor dan pabrik Nestlé di Indonesia.
  • Program kesehatan dan keafiatan yang terdiri atas fasilitas kesehatan perusahaan, flexible working arrangement, dan Employees Assistance Program (EAP) untuk mendukung kesehatan mental.
  • Pop-Up Day Care yang diinisiasi sejak 2017 untuk membantu orang tua pada masa libur sekolah, natal, maupun lebaran
  • Berbagai kampanye yang menyoroti dukungan serta pemberdayaan para Ibu di Indonesia melalui melalui merek – merek ternama Nestlé Indonesia

Melalui beragam program dan kebijakan yang terus berkembang hingga sekarang, Nestlé Indonesia dapat menjadi tempat bekerja yang ramah bagi Ibu bekerja, dan dapat memberdayakan dan mendukung para ibu bekerja dalam beraktivitas sehari-hari sehingga dapat berkarya dengan nyaman dan menjadi lebih produktif.