Ini Rahasia Tetap Fit Selama Ramadan [Alodokter]

Ini Rahasia Tetap Fit Selama Ramadan

PinkKorset.com, Jakarta – Ingin tubuh Anda tetap fit selama puasa di bulan Ramadan? lakukan empat langkah sederhana ini ya.

Selama Ramadan terjadi perubahan pola makan dan proses adaptasi tubuh terkadang membuat badan lemas atau kurang fit. Sementara di sisi lain, kita harus tetap aktif menjalankan berbagai aktivitas harian hingga berbuka puasa. Agar kondisi tubuh tetap fit selama puasa, ada beberapa kebiasaan sehat yang perlu Anda lakukan.

Co-Founder and President Director Alodokter, Suci Arumsari mengatakan, menjaga kondisi tubuh agar tetap fit di berbagai kondisi adalah aspirasi setiap orang. “Rangkaian kebiasaan sehat yang konsisiten dilakukan akan mendukung tubuh selalu siap dan aktif, bahkan saat berpuasa di bulan Ramadan,” katanya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menjaga tubuh tetap prima dapat dimulai dengan kebiasaan sehat sederhana. Alodokter membagikan empat tips simpel agar Anda selalu fit selama Ramadan.

1. Tetap luangkan waktu berolahraga ringan

Rutin melakukan olahraga harian setidaknya 30 menit setiap hari mendukung fisik Anda tetap fit. Selain itu, hormon endorfin yang keluar selama berolahraga dapat mengurangi stres dan membuat suasana hati lebih baik serta rileks. Di tengah padatnya kesibukan Anda, luangkan waktu olahraga pada sore hari sekitar satu atau dua jam menjelang maupun setelah berbuka puasa. Pilihlah olahraga atau aktivitas fisik intensitas ringan seperti jongging atau jalan santai, jangan lupa lakukan peregangan otot dengan gerakan terarah sebagai pemanasan dan pendinginan.

2. Jaga pola makan dan istirahat

Sangat penting menjaga konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang saat sahur maupun berbuka puasa. Pastikan dalam menu makan mengandung karbohidrat, protein, lemak dan serat. Perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka dengan total minimal 8 gelas per hari. Setelah sahur dan subuh, Anda dapat melanjutkan tidur maksimal 2 jam sebelum kembali beraktivitas. Setelah itu, hindari aktivitas berat dan beristirahatlah lebih awal pada malam hari usai beribadah.

3. Konsumsi vitamin yang dibutuhkan

Menjaga kekebalan tubuh membuat tubuh tetap fit. Mengonsumsi vitamin yang dibutuhkan dapat mendukung kekebalan tubuh. Dengan memilih vitamin yang berkualitas dan sesuai kebutuhan dapat memaksimalkan kinerja suplemen yang masuk ke dalam tubuh. Anda dapat memanfaatkan fitur Tanya Dokter dari Alodokter untuk bertanya seputar kesehatan, termasuk menanyakan vitamin yang tepat. Terlebih, Anda bisa langsung membeli vitamin lewat fitur Aloshop di aplikasi Alodokter dengan layanan antar langsung ke rumah.

4. Cek kesehatan secara berkala

Pada saat puasa kerap kali kita kalap saat berbuka, sehingga nilai gizi seimbang dari makanan yang dikonsumsi berisiko menjadi tidak terkendali. Untuk itu diperlukan cek kesehata secara berkala untuk mengetahui kondisi tubuh dan meminimalkanpotensi penyakit. Apalagi jika Anda sudah memiliki riwayat penyakit tertentu. Serba mudah dan cepat, Anda bisa memanfaatkan layanan chat dengan dokter di aplikasi Alodokter. Anda juga bisa mendapatkan informasi kesehatan di lama web maupun aplikasi Alodokter untuk mendukung Anda tetap fit selama Ramadan.

Itulah empat tips simpel menjaga tubuh tetap fit selama Ramadan. Lebih lanjut, suci mengatakan, bulan Ramadan ini Alodokter bermitra dengan ShopeePay Big Ramadan Deals.

“Ini kami lakukan agar belanja kebutuhan kesehatan semakin mudah dan nyaman dengan berbagai penawaran dan promo menarik,” tambahnya.

Kampanye ShopeePay Big Ramadan Deals selama bulan Ramadan yang akan berlangsung hingga tanggal 5 Mei mendatang. Caranya, Anda hanya perlu membeli voucher cashback di fitur ShopeePay Sekitarmu pada aplikasi Shopee dan gunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran. Yuk, jaga kesehatan tetap fit selama Ramadan tanpa membuat kantong Anda jebol.