Mel Ahyar Luncurkan Koleksi Kawin Campur

PinkKorset.com, Jakarta – Sebagai upaya melestarikan tenun Nusantara Indonesia, Mel Ahyar memadukan aneka motif tenun dalam koleksi Kawin Campur.

Melalui Mel Ahyar Archipelago, Mel Ahyar meluncurkan koleksi Kawin Campur. Koleksi ini mengawinkan beberapa motif tenun dari beragam suku Indonesia ke dalam satu rupa untuk menyatukan dan melestarikan perbedaan tradisi serta budaya Nusantara.

Filosofi Kawin Campur ini terinspirasi dari budaya pernikahan tempo dulu yang dinilai sebagai cara paling efektif dalam melestarikan perbedaan budaya dan menjalin keharmonisan.

Desainer Mel Ahyar mengatakan, motif tenun di berbagai daerah di Indonesia memiliki ciri khas dan karakter tersendiri. Ketika digabungkan dan diberikan twist dengan gaya siluet ekstra, potongan tegas dan detil akan menghasilkan kekuatan magis dari sisi seni serta budaya.

“Indonesia negara besar dan kaya budaya yang harus dilestarikan oleh generasi penerus, tentunya lewat karya-karya yang dapat mengharumkan nama bangsa,” ucapnya saat Peluncuran Koleksi Mel Ahyar Archipelago – Kawin Campur di Jakarta, Rabu (30/3/2022).

Koleksi Kawin Campur berupa busana etnik ini berasal dari 12 motif tenun khas Indonesia, antara lain; Tenun Garut, Tenun Garut Bulu, Tenun Jawa, Tenun Baduy, Songket Bali, Songket Bali Alam, Tenun NTT, Tenun Manggarai, Blongsong Palembang, Tenun NTB, Tenun Batubara dan Tenun Gedog Tuban. Koleksi ini ini terdiri atas 18 luaran, 3 gaun panjang dan 4 kemeja.

Mel Ahyar

Rangkaian koleksi Kawin Campur merupakan hasil kolaborasi Mel Ahyar Achipelago bersama Rabbanin Project dan Cita Tenun Indonesia (CTI). Seluruh tenun yang digunakan berasal dari perajin lokal dari 17 daerah binaan CTI.

Baca juga: Koleksi Menawan Mel Ahyar untuk Idul Fitri

Lebih lanjut, perempuan kelahiran Palembang ini menambahkan, tema Kawin Campur ini muncul karena kita disini tidak ada lagi yang memiliki darah murni. Nenek moyang kita sudah ada keturunan Arab, Tiongkok dan lain-lain. Dengan beragam tenun-tenun indah CTI dirangkai jadi satu menjadi apik dan harmonis.

“Semoga dengan ini bisa memberikan pesan bahwa perpaduan seni dan budaya itu sangat indah sehingga tidak ada lagi alasan mengotak-kotakan budaya,” tutupnya.

Seluruh koleksi Kawin Campur Mel Ahyar Archipelago ini tersedia secara terbatas, Anda dapat memperolehnya secara langsung melalui nomor WhatsApp Sales Assistant +62-811-9997-999.