Awet Simpan Makanan di Kulkas ala Chef Devina

PinkKorset.com Banyak bahan makanan yang mudah rusak meskipun telah dimasukkan ke dalam kulkas. Apakah Anda mengalami hal serupa?

Meskipun kulkas dapat membantu memperlambat pertumbuhan bakteri dan mempertahankan suhu rendah, tetapi tidak semua bahan makanan dapat bertahan lama di dalamnya. Sebut saja sayuran dan buah-buahan yang memiliki kandungan air tinggi, daging mentah, produk susu, makanan laut, dan makanan yang telah dimasak.

Chef Devina Dermawan memberikan saran tentang cara menyimpan sayuran, buah-buahan, daging, dan makanan laut di dalam kulkas untuk menjaga kualitas dan kesegarannya.

Juara MasterChef Indonesia musim ke-7 ini membagikan beberapa tips tentang cara menjaga bahan makanan tetap segar dalam jangka waktu yang lebih lama dengan menggunakan “kulkas ungkep” Samsung (sebuah kulkas dengan fitur “marinasi”).

#1 Tempatkan dan Perlakukan Bahan Makanan dengan Benar di Kulkas

Bahan makanan seperti daging mentah, unggas, dan makanan laut, harus disimpan di tempat khusus atau wadah kedap udara agar mencegah kontaminasi silang dengan bahan makanan lain. Jenis makanan ini bisa disimpan di freezer supaya tahan lebih lama. Bahan segar seperti sayuran dan buah perlu dijaga selalu dalam keadaan kering dan ditempatkan dalam wadah khusus supaya tidak cepat layu. Sementara makanan sisa atau yang kemasannya sudah terbuka, perlu juga disimpan dalam wadah kedap udara atau dibungkus rapat agar tahan lama dan aromanya tidak menyebar.

#2 Pilih Kulkas Berkapasitas Lebih Besar untuk Penyimpanan Lebih Banyak

Chef Devina menyukai kulkas yang memiliki kapasitas besar. Chef yang juga seorang ibu sekaligus content creator ini, memang suka menyimpan banyak bahan makanan dan terbiasa memasak dalam porsi besar untuk keluarganya maupun dalam rangka konten. Tapi penyimpanan bahan makanan yang banyak perlu diperhatikan dengan cermat. Penyimpanan makanan yang cermat akan menjaga rasa makanan dan kesegaran lebih lama, dan mencegah kontaminasi. Menurut dia, bisa menyimpan lebih banyak akan membuat keluarga tak perlu sering-sering berbelanja. Dan dengan lebih banyak yang bisa disimpan, ibu bisa lebih mudah dalam melakukan meal planning.

Kulkas Ungkep Hadir di Indonesia, Chef Devina Beri Tips untuk Jaga Makanan Tetap Segar – Mobitekno

#3 Optimalkan Suhu Dingin agar Bahan Makanan Segar Lebih Lama

Hindari menyimpan bahan makanan dengan kepadatan berlebihan. Jangan biarkan kulkas terlalu penuh karena dapat mengganggu sirkulasi udara dingin dan menyebabkan pendinginan tidak merata. Berikan ruang di antara item untuk mempertahankan suhu yang konsisten.

#4 Monitor penggunaan energi kulkas Anda

Untuk memudahkan konsumen memantau konsumsi energi ini, ‘Kulkas Ungkep’ Samsung model BESPOKE dapat dihubungkan ke aplikasi SmartThings yang ada di smartphone. SmartThings punya fitur AI Energy Mode yang akan membaca pola pemakaian kulkas, seperti berapa kali dan berapa lama pintu kulkas dibuka. Keuntungannya konsumen bisa menghemat biaya listrik, sebab dengan fitur ini, kulkas akan menjaga kestabilan suhu dengan kompresor yang bekerja lebih optimal. SmartThings AI Energi Mode akan memonitor penggunaan listrik di kulkas dan estimasi biayanya. Lalu ia akan mengirimkan notifikasi bila penggunaan listrik di kulkas sudah melebihi batas penggunaan pada umumnya.