Duh, Sepertiga Penduduk Dunia Alami Obesitas [examinedexistence]

Duh, Sepertiga Penduduk Dunia Alami Obesitas

PinkKorset.com – Hampir sepertiga penduduk dunia, lebih dari 2,1 miliar jiwa atau sekitar 30% ternyata mengalami obesitas.

Berdasarkan laporan firma konsultasi McKinsey Global Institute, kegemukan adalah penyebab utama sekitar 5% penyebab kematian global dan memiliki efek negatif terhadap ekonomi, sama seperti merokok dan konflik bersenjata.

Studi ini memprediksi, hampir separuh penduduk dunia adalah orang dewasa yang akan mengalami kegemukan pada 2030 mendatang. Meski banyak pihak tengah berusaha menekan 20% dari angka obesitas.

“Obesitas adalah masalah utama ekonomi global yang disebabkan banyak faktor,” ungkap McKinsey.

Dalam laporan ini terungkap 74 cara yang akan membantu mengurangi lingkar perut penduduk dunia. Termasuk membatasi ukuran porsi makanan cepat saji, edukasi ke orangtua, serta mengenalkan makanan sehat di sekolah dan tempat kerja.

Saat ini, lanjut laporan itu, obesitas mempengaruhi ekonomi global hingga US$2 triliun untuk jaminan kesehatan dan mengurangi produktivitas hingga kurang dari 2,8% dari total PDB global.

Alison Tedstone, Chief Nutritionist di Lembaga Kesehatan Publik Inggris menyebutkan, obesitas adalah sebuah masalah kompleks yang harus bias diatasi. Baik secara individu maupun masyarakat.

Ia mencatat, sekitar 25% penduduk Inggris mengalami kegemukan dan 37% mengalami obesitas.

“Jika kita mampu mengurangi obesitas hingga level 1993, yakni 15%, maka kita dapat menghindari lima juta kasus penyakit,” ujar Alison.