Rusia Bangun Jet Pengebom Hipersonik [youtube]

Rusia Bangun Jet Pengebom Hipersonik

PinkKorset.com – Rusia saat ini sedang membangun pesawat hipersonik pembawa bom nuklir.

Pesawat pengebom siluman bernama PAK-DA tersebut dapat mencapai target di mana saja di dunia ini, termasuk mengelilingi bumi hanya dalam dua jam.

Menurut Daily Mail, Kamis (14/7/2016), pesawat tersebut dapat menembakkan senjata atom atau hulu ledak nuklir dari ruang angkasa dan menarget tepat pada sasarannya.

Uji coba mesin pesawat itu akan dilakukan pada pameran militer pada Forum Teknologi Militer Internasional di Moskwa, Rusia, pada 6-11 September 2016.

Komandan Pasukan Rudal Strategis Rusia, Kolonel Jenderal Sergei Karakayev mengakui kalau pesawat pengebom itu sedang dipersiapkan untuk mengudara pada awal 2020.

Menurutnya, mesin pesawat yang dikembangkan di Akademi Pasukan Roket Strategis ini sudah sukses dalam uji coba di Akademi Militer Serpukhovo.

Tujuan pesawat ini adalah untuk mengawasi wilayah udara Rusia dari luar angkasa. “Gagasannya pesawat hipersonik pengebom itu akan take off dari landasan pacu di pangkalannya untuk patroli wilayah udara Rusia,” kata Karakayev.

Jika diperintahkan,  maka pesawat tersebut akan terbang ke luar angkasa dan menembak target dengan hulu ledak nuklir dan kemudian kembali ke pangkalan.

Jet hipersonik itu akan memiliki dua mesin untuk menggantikan model yang sudah tua yakni pengebom jarak jauh Tu-160, Tu-95MS, dan Tu-22M3.

Belum Ada Berita Terkait