Manfaat Konsumsi Protein Hewani [rd]

Manfaat Konsumsi Protein Hewani

PinkKorset.com, Jakarta – Tak hanya memberikan efek kenyang, menyantap protein hewani juga memiliki manfaat yang menyehatkan.

Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS, PhD menuturkan, mengonsumsi protein hewani seperti ayam, daging sapi, ikan dan telur secara rutin, membawa manfaat bagi kesehatan tubuh.

Salah satunya mendukung pertumbuhan sel-sel orang tubuh, memperbaiki sel tubuh yang rusak dan meningkatkan daya tahan tubuh.¬†Selain itu, protein hewani juga membentuk otak manusia dan sel darah merah agar tidak mudah pecah. “Hal ini memicu fungsi otak meningkatkan prestasi dan produktivitas,” ucapnya di Jakarta, Selasa (27/2/2018).

Menurutnya, protein yang berasal dari hewani mengandung asam amino lebih lengkap ketimbang protein nabati. Protein hewani juga mengandung nutrisi esensial seperti zat besi, lemak baik, vitamin B12 dan omega 3 yang penting untuk sumber energi dan keseimbangan hormon tubuh.

Asupan Protein Hewani

Kebutuhan protein berbeda-beda pada tiap tahap usia. Umumnya anak-anak dan remaja umur 1-18 tahun membutuhkan zat gizi makro ini lebih banyak dari yang dikonsumsi orang dewasa.

Kebutuhan asupan protein harian untuk anak sekolah dan remaja 1,0-1,5 gram per kg per hari (35-72 gr). Dari jumlah tersebut, kebutuhan asupan protein hewani yakni 7-15 gram per hari atau 1-2 porsi (60-120 gram) per hari.

Duta Gizi Japfa Foundation Maria Harfanti menambahkan, bahan makanan sumber protein hewani yang baik dihasilkan dari hewan sehat dan daging diolah secara higienis.

Ia mencontohkan produk So Good yang diklaim dibuat dari daging pilihan “Tanpa suntik hormon, bebas formalin dan tanpa pengawet, diolah secara modern serta higienis,” katanya.