Apple Umumkan OS X Yosemite dan iOS 8 [st]

Apple Umumkan OS X Yosemite dan iOS 8

PinkKorset.com, San Francisco – Apple Inc. mengumumkan dua sistem operasi terbarunya. Yakni OS X Yosemite untuk desktop dan iOS untuk mobile.

OS X 10.10 Yosemite yang dinamakan mengikuti Yosemite National Park di California memiliki user interface baru dengan elemen translucent, desain yang lebih flat, serta ikon-ikon yang lebih bersih.

Salah satu yang diunggulkan adalah iCloud Drive, penyimpanan komputas awan milik Apple yang menyaingi Dropbox. Fitur ini tak hanya support Mac dan iOS lainnya, namun juga selaras dengan platform Windows.

Pembaruan lainnya adalah AirDrop yang mempermudah transfer dokumen antara Mac dengan iPhone, hal yang sebelumnya hanya bisa dilakukan antara pengguna mobile.

Fitur baru lainnya adalah Handoff, pengguna bisa menggunakan iPhone utuk mengelola panggilan telepon dan pesan singkat di desktop Mac. OSX Yosemite akan tersedia untuk umum beberapa bulan lagi.

Adapun iOS 8, memiliki fitur baru seperti notifikasi interaktif. Pengguna bisa langsung membalas pesan via Notifications Centre tanpa perlu keluar dari aplikasi yang sedang digunakan atau kembali ke home screen dulu.

Juga terdapat fitur baru bernama QuickType di keyboard iOs, fungsi perpesanan prediktif yang sensitif dengan konteks pesan Anda. Apple juga menyertakan aplikasi mobile bernama HealthKit yang mengumpulkan data kesehatan pengguna.

Sementara asiten digital Siri, akan dilengkapi dengan pengenal lagu Shazam, pembelian konten iTunes, serta pengenalan streaming suara.

Saat dirilis, iOS 8 akan tersedia sebagai update software gratis pada iPhone 4S, 5, 5S. Kemudian iPod Touch 5th Gen, iPad 2, iPad 2 retina display, iPad Air, iPad Mini, dan iPad Mini retina display.