Empat Bulan, BI Rate Tidak Bergerak Foto: beritaplasa

Empat Bulan, BI Rate Tidak Bergerak

PinkKorset.com, Jakarta – Bank Indonesia (BI) kembali mempertahankan tingkat suku bunga acuan (BI Rate) di posisi 7,5%, level yang sama sejak 12 November 2013 lalu. 

Selain suku bunga acuan, pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) diputuskan suku bunga Lending Facility tetap pada level 7,5% dan suku bunga Deposit Facility tetap pada level 5,75%.

“BI menyakini kebijakan-kebijakan yang telah ditempuh sebelumnya akan mempercepat penyesuaian defisit transaksi berjalan ke tingkat yang lebih sehat dan mengendalikan inflasi menuju ke sasaran 4,5 plus minus 1 persen pada tahun ini,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara saat konferensi pers, di Gedung BI, Jakarta, Kamis (13/3/2014).

Menurutnya, keputusan tersebut tidak lepas dari perkembangan perekonomian global dan nasional. Kebijakan ini termasuk dalam bauran kebijakan moneter dan makroprudensial untuk memastikan bahwa tekanan inflasi tetap terkendali, stabilitas nilai tukar Rupiah terjaga kondisi fundamentalnya, serta defisit transaksi berjalan menurun ke tingkat sustainable.