Kena Kanker, Hugh Jackman Promosikan Tabir Surya Foto: cbc

Kena Kanker, Hugh Jackman Promosikan Tabir Surya

PinkKorset.com, New York – Hugh Jackman menyarankan masyarakat menggunakan tabir surya, setelah dirinya menjalani pengangkatan kanker kulit di hidungnya.  

Aktor asal Australia itu mengaku baru mengetahui hasil biopsi pada Kamis (8/5) pekan lalu. Hasil diagnosa menyebutkan bahwa dia memiliki karsinoma sel basal (BCC) di bagian hidung. Ia pun segera meminta kanker tersebut diangkat.

Karsinoma sel basal adalah kanker kulit yang laju pertumbuhannya relatif lambat dan biasanya berkembang pada kulit yang terkena sinar matahari. Sekitar 75% dari kanker kulit umumnya tergolong karsinoma sel basal.

Alhasil, pada saat menghadiri tayangan perdana ‘X-Men: Days of Future Past’ di New York, Amerika Serikat, Sabtu (10/5/2014), aktor tersebut tampil dengan perban di wajah.

Agar tidak seperti dirinya, Jackman mendesak masyarakat untuk “melakukan tes kesehatan berkala dan menggunakan tabir surya”. Ia pun berharap para penggemar memiliki pemahaman yang baik akan kesehatan mereka.

Pengangkatan kanker kulit ialah pengalaman kedua Jackman. Sebelumnya, dia pernah didiagnosa dengan karsinoma sel basal pada November 2013. Saat itu ia mengunggah foto dirinya di dunia maya setelah melalui prosedur pengangkatan sel kanker.

Bintang film yang pernah menjadi nomine Piala Oscar itu mengatakan prognosanya baik.”Semua sudah diangkat sekarang,” katanya.

v