Si Dia Gemar Menghindari Konflik? Foto: google

Si Dia Gemar Menghindari Konflik?

PinkKorset.com – Pasangan Anda suka menghindari masalah atau hanya menjawab singkat saat ada konflik?

Apakah pasangan sering menghindari Anda atau menjawab singkat saat terlibat konflik, ketika Anda marah-marah dengan nada tinggi?

Anda merasa pasangan tidak peduli dan tidak mendengarkan. Tapi percayalah, para ahli mengatakan, sebenarnya laki-laki mendengarkan meski bersikap demikian.

Menurut Jamie Turndorf, seorang psikolog dan penulis Kiss Your Fights Goodbye, hal ini normal pada laki-laki karena naluri yang dimilikinya.

“Laki-laki memiliki naluri, baik secara fisik maupun lisan, untuk terlibat dalam perdebatan. Semakin Anda bereaksi, dia akan semakin mundur,” katanya.

Tak ingin mengalaminya? Ada beberapa cara mencegahnya.

Jangan Menuduh

Bagi laki-laki yang takut konflik, pertanyaan bernada atau berkalimat menuduh membuatnya merasa sedang disidang. Jadi ketika Anda hendak bertanya atau meminta bantuannya, ubah gaya bicara dan pemilihan kata. Dengan begini Anda dan pasangan tak memiliki bahan untuk berdebat.

Perlakukan Sebagai Sahabat

Sebuah penelitian menunjukkan, kadang orang asing berkomunikasi lebih baik ketimbang pasangan. Banyak orang memperlakukan teman dengan lebih sopan, menjaga perasaan dan memilih kata-kata yang tak menyakiti perasaannya.

Perlakukan pasangan sebagai rekan satu tim, yang berarti harus kerja sama dan berada di satu kubu.

Pecahkan Masalah

Kadang Anda memiliki alasan yang bagus untuk marah. Tahan emosi, tak perlu berteriak dan memarahinya. Setelah Anda berdua tenang, beritahu apa yang Anda rasakan akibat tindakannya.

Jika orientasi Anda berdua adalah solving problem, semakin baik pula hubungan yang terjalin.

Jujur

Last but not least, kejujuran. Ini adalah elemen terpenting dalam semua hubungan. Komunikasikan apa hal-hal yang tak Anda sukai dan sebaliknya, dengarkan saat ia mengeluhkan hal sama.

Dengan begini, Anda dan pasangan akan menghidari masalah ini berujung jadi perdebatan besar di kemudian hari.