Tak Dapat Oscar, Leonardo DiCaprio Terima Penghargaan Lingkungan [google]

Tak Dapat Oscar, Leonardo DiCaprio Terima Penghargaan Lingkungan

PinkKorset.com, New York – Leonardo DiCaprio baru saja menerima penghargaan atas upayanya melindungi lingkungan.

Leonardo DiCaprio mungkin tidak berhasil membawa pulang satu dari empat Oscar yang menominasikan namanya. Namun, upayanya melindungi lingkungan mendapat penghargaan bergengsi Clinton Global Citizen Award.

Penghargaan ini diterimanya dalam ajang Clinton Global Initiative Annual Meeting ke-10 di Sheraton Times Square, New York, Minggu (21/9/2014) kemarin.

Adapun Citizen Awards ini memberi penghargaan pada masyarakat sipil, filantropi, pelayanan publik dan sektor swasta yang memberi inspirasi mengenai kewarganegaraan global melalui visi, kepemimpinan dan dampak dalam mengatasi tantangan global.

Leo, yang telah memfokuskan upaya filantropis untuk melindungi dan melestarikan planet ini, mendesak mereka yang hadir untuk mengatasi apa yang disebutnya ‘krisis nyata dan menakutkan.’ “Perubahan iklim mengorbankan kehidupan di planet kita,”ujarnya.

Menurutnya, kurang dari tiga persen dari seluruh pemberian filantropi ditujukan untuk melindungi dan melestarikan lingkungan. Bahkan lebih sedikit lagi yang bertujuan melindungi lautan di dunia. Ia pun mendesak pemimpin global dan dermawan untuk menempatkan isu-isu lingkungan sebagai agenda utama mereka.

Aktor, yang sebelumnya berpartisipasi dalam aksi People’s Climate Change dan akan membuka KTT Iklim PBB, menambahkan, “Tugas untuk melindungi planet akan membutuhkan gerakan terbesar dalam sejarah manusia. Aksi ini harus melintasi semua batas budaya, agama dan politik. Namun, solusi sudah ada.

“Dengan Anda para pemimpin seperti yang ada di ruangan ini, dapat menggerakkan, menginspirasi dan berkontribusi.Itu  benar-benar adalah harapan terbaik untuk Bumi. “