Ada Lho, Profesi Pencicip Makanan Hewan [dogfoodaustralia]

Ada Lho, Profesi Pencicip Makanan Hewan

PinkKorset.com. London – Jenis-jenis pekerjaan memang sangat banyak variasinya. Salah satunya adalah pekerjaan pencicip makanan hewan.  

Ya. Makanan hewan memang diperuntukkan bagi hewan. Namun, sebelum diproduksi, pakan hewan itu ternyata harus lolos uji cita rasa lidah manusia.

Philip Wells salah satu orang yang memiliki perkerjaan unik tersebut. Di perusahaan makanan hewan Lily Kitchen yang berlokasi di London, Inggris, ia bertugas mencicipi dan membaui makanan hewan premium untuk anjing dan kcuing, agar memenuhi standar kualitas.

“Meskipun selera anjing berbeda dengan manusia, rasa adalah salah satu indikator penting untuk memastikan masing-masing bahan tercampur secara tepat dan merata,”katanya.

Philip Wells

Philip Wells

Philip mengakui, ia awalnya ragu dengan pekerjaannya sebagai pencicip pakan hewan tersebut. Namun, ia menyadari, bahwa profesi ini sebenarnya tidak bermasalah, karena daging yang dipakai untuk pakan hewan itu juga berasal dari hewan yang dikonsumsi manusia. Ini sesuai dengan Peraturan Pakan Hewan 2010.

Sebagai pencicip pakan hewan, ia pun harus melakukan riset pasar dengan investigasi langsung ke lapangan. Meski tidak mencicipi makanan-makanan itu, ia mengetahui  bahwa di pasaran masih banyak pakan hewan peliharaan yang tidak layak hingga mengerikan.

“Saya tidak merasakan makanan hewan yang buruk itu, baunya saja sudah cukup membuat siapa pun ingin muntah,”ujarnya.

Kendati tidak menyebutkan terang-terangan gaji yang didapat, Phillip mengaku cukup menikmati pekerjaannya. Dia senang dapat membatu para anjing dan kucing jadi lebih bahagia dan sehat.

“Hal terbaik pekerjaan ini adalah bekerja dengan tim kesayangan, Lily, dia seekor terrier,”katanya.

Menurut data, gaji seorang pencicip produk makanan hewan amatir setiap tahun adalah US$30 ribu atau sekitar Rp377 juta. Sedangkan level profesional mendapat US$ 75 ribu atau sekitar Rp944 juta.