LOL Sudah Ketinggalan Jaman [coversden]

LOL Sudah Ketinggalan Jaman

PinkKorset.com – Singkatan ‘LOL’(Laughing Out Loud) untuk mendeskripsikan tertawa terpingkal-pingkal, kini sudah tidak populer di kalangan netizen.

Setidaknya hal ini terjadi di jejaring sosial Facebook.

Berdasarkan riset internal Facebook yang dilakukan Mei lalu, penggunaan istilah ‘LOL’sudah sangat jarang digunakan lagi. Pamornya mulai tergantikan oleh ekspresi tekstual ‘hahaha’, ‘hehehe’, dan emoticon.

Pengguna Facebook menggunakan ‘hahaha’sekitar 51,4%, emoticon 33,7%, ‘hehehe’12,7%. Sementara ‘LOL’hanya 1,9%.

“Kami mencocokkan ekspresi tawa pengguna Facebook dalam versi teks, termasuk yang teridentifikasi adalah ‘hahaha’, ‘hehehe’, ‘emoticon’, dan ‘LOL’,” tulis Facebook.

Menurut peneilitian yang terinspirasi dari artikel ‘Hahaha vs Hehehe’(The New Yorker) ini, jenis kelamin, usia dan lokasi ternyata berkontribusi terhadap perubahan ini.
Laki-laki cenderung menggunakan ekspresi ‘hahaha’, dan ‘hehehe’, sedangkan perempuan cenderung memilih emoji (emoticon). Sedangkan yang paling aktif menggunakan emoji adalah kaum remaja.

Adapun kelompok yang tercatat masih menggunakan istilah ‘LOL’adalah dewasa muda usia akhir 20-an. Kawasan Florida tercatat sebagai kawasan favorit penggunaan ‘LOL’.

Di pantai barat Amerika Serikat lebih condong menggunakan ‘hehehe’. Ada kesimpulan bahwa ‘LOL’lebih disukai pengguna Facebook di daerah selatan.

Peneliti mengungkap, bahwa 46% pengguna Facebook ‘tertawa’ setiap pekan di media sosial. Dan 15% lagi menulis ekspresi tawa di komentar atau postingan mereka di Facebook.